Poster film Lupus (Sumber Gambar: filmindonesia.or.id)

Ini 6 Aktor Pemeran Lupus, dari Ryan Hidayat hingga Miqdad Addausy

09 March 2022   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penulis Hilman Hariwijaya meninggal dunia, hari ini, Rabu, 9 Maret 2022. Tentu sosoknya tidak bisa dilupakan bagi anak generasi 80-an. Karyanya berupa cerita tokoh fiksi, Lupus, menjadi hiburan para remaja di masa tersebut. Lupus merupakan serial bersambung yang bermula dari sebuah majalah dan kemudian dibukukan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama dengan judul Lupus: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Kisah ini pun diangkat ke dalam layar lebar.

Pada perkembangannya, terdapat sinetron dan beberapa seri film Lupus di layar lebar. Namun demikian, pemeran kisah pelajar kelas 2 SMA Merah Putih itu dilakoni sejumlah orang. Siapa saja aktor yang memerankan Lupus? Berikut daftarnya. 
 

1. Ryan Hidayat

Aktor tampan berdarah Ceko ini terlibat dalam film pertama yang berjudul sama dengan buku buatan Hilman, Lupus : Tangkaplah Daku Kau Kujitak.  Disutradarai Achiel Nasrun, Ryan beradu akting dengan Nurul Arifin, Agyl Shahriar, Septian Dwicahyo, Andreas Pancarian, Firda Razak, Gito Gilas, Tatiek Wardiono, Cornelia Agatha, Henky Solaiman, dan Ria Irawan. 

Selain seri tersebut, Ryan juga membintangi Lupus II: Mahluk Manis Dalam Bis (1987), Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990), dan Lupus V: Ich... Serem (1991).
 

2. Hilman Hariwijaya

Ya, Hilman sempat memerankan tokoh yang dibuatnya itu. Disutradari Edi Siswanto, dia beradu peran dengan Ita Purnamasari di Lupus III: Topi-topi Centil.  Namun setelah itu dia lebih banyak terlibat di balik layar.  Selain Lupus, Hilman juga membuat karya-karya lain, dan menciptakan tokoh seperti Olga, Lulu, Vanya, dan Vladd Bocah Remote Control.
 

3. Oka Sugawa

Pria yang memiliki nama lengkap Ida Bagus Made Oka ini memerankan sososk Lupus dalam bentuk sinetron yang tayang perdana 29 Oktober 1995. Beradu akting dengan Nia Paramitha, sinetron ini masih digemari remaja, terutama para wanita di masanya.  Selepas Lupus, Oka masih eksis di dunia hiburan dengan membintangi beberapa judul FTV, sinetron, sitkom, serial, hingga film.
 

4. Riko Karindra Ukar

Dia menggantikan Oka di sinetron Lupus. Karier Riko juga cukup baik di dunia hiburan setelah membintangi lakon remaja SMA itu. Riko sempat terlibat di banyak judul sintron, beberapa FTV, film Diaspora Cinta di Taipe, hingga mencicipi dunia politik.
 

5. Irgi Ahmad Fahrezy

Berpasangan dengan Mona Ratuliu dan dibantu artis lainnya seperti Agnes Monica, Fahrani, dan Fahmi Bo, Irgi merupakan sosok Lupus yang paling diingat penonton setia sinetron ini.  Walaupun sempat berakting di beberapa judul sinetron, saat ini Irgi lebih dikenal sebagai presenter.
 

6. Miqdad Addausy

Aktor muda ini membintangi film Bangun Lagi Dong Lupus untuk menyapa kembali penggemar setia lakon tersebut. Dalam film yang disutradarai Benni Setiawan ini, Miqdad beradu akting dengan Epi Kusnandar, Acha Septriasa, Kevin Julio, Jeremy Christian, Alfie Alfandy, Fabila Mahadira, dan Mella Austen. Miqdad saat ini masih wara-wiri di layar televisi dan layar lebar. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tempat Duduk di KRL Bisa Diisi Penuh Lagi, Ini Syaratnya!

BERIKUTNYA

Labuan Bajo Kembangkan Destinasi Wisata Ecotourism di Hutan Bowosie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: