Ilustrasi mendengarkan musik (dok. Pexels/Andrea Piacquadio)

Begini Loh Perilaku Mendengarkan Musik Perempuan di Indonesia 

05 March 2022   |   17:16 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Mendengar musik merupakan hiburan yang menyenangkan bagi banyak orang. Data terbaru dari firma riset audiens, YouGov Profile, menunjukkan bahwa streaming musik gratis merupakan cara yang paling umum ditemukan bagi kalangan perempuan di Indonesia untuk menikmati konten audio. 

Tercatat enam dari sepuluh atau 60 persen perempuan di dalam negeri mengatakan mereka melakukan streaming music online secara gratis selama 6 bulan terakhir, sementara hanya dua dari lima atau 38 persen perempuan yang melakukannya melalui layanan berbayar. 

Perilaku terkait konsumsi konten audio lainnya juga melebihi persentase streaming berbayar. Yakni 48 persen perempuan mendengarkan musik di platform video, 42 persen mengunduh musik di berbagai situs dan fail, serta 40 persen mendengarkan musik lewat radio berbasis internet. 
 

(dok. YouGov)

(dok. YouGov)


Preferensi untuk musik gratis ketimbang musik berbayar juga tercermin dalam perilaku berlangganannya. Kurang dari tiga per sepuluh atau sekitar 29 persen perempuan yang bersedia untuk berlangganan musik. Mereka justru lebih bersedia membayar langganan televisi dengan angka 40 persen. 

Dilihat dari usianya, pengguna yang lebih muda (usia 18-29 tahun) lebih besar kemungkinannya bersedia untuk membayar layanan streaming. 46 persen pengguna dari kelompok ini bersedia membayar layanan streaming televisi dan 32 persen bersedia membayar layanan streaming musik. 
 

(dok. YouGov)

(dok. YouGov)


Angka kesediaan ini semakin turun seiring dengan peningkatan usia. Perempuan pada kelompok usia yang lebih tua (30-44 tahun) hanya 37 persen yang rela membayar untuk televisi dan 30 persen untuk layanan mendengarkan musik. 

Sementara itu, mereka yang berusia lanjut (lebih dari 45 tahun) paling tidak bersedia membayar langganan untuk konten televisi dengan persentase hanya 21 persen dan musik hanya dengan 10 persen. Faktanya, perempuan dengan kelompok usia ini 25 persen di antaranya tidak ingin membayar untuk langganan streaming apa pun. 

“Penyelidikan mendalam tentang sikap perempuan Indonesia terhadap langganan mengungkapkan bahwa kesediaan mereka untuk membayar mungkin terkait dengan persepsi kenyamanan dan nilai,” tulis YouGov. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Aktivis Pendidikan Butet Manurung Jadi Barbie Role Model 2022

BERIKUTNYA

Unik! Balenciaga Bikin Undangan Paris Fashion Week 2022 dengan iPhone 6 Rusak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: