Ilustrasi (Sumber foto: Max Vakhtbovych/Pexels)

Inspirasi Desain Interior Maksimalis nan Mewah

04 March 2022   |   13:41 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam hukum alam, setiap kekuatan memiliki tandingan. Begitu pula dalam aspek budaya serta gaya hidup. Itulah sebabnya, ketika minimalis mengambil alih dunia desain, maksimalisme menjadi kontra-tren yang perlahan bangkit sebagai konsep desain yang menonjolkan kemewahan dan kemegahan.

Gaya maksimalis ternyata sudah menjadi tren sejak sekitar tahun 1870 atau pada era Victoria di Eropa, bersamaan dengan revolusi industri yang memungkinkan barang diproduksi secara massal dan menjadi lebih terjangkau.

Adapun, tren dekorasi maksimalis merangkul apa yang dihindari pada gaya minimalis. Ada banyak warna, pola, bentuk, serta tekstur yang digunakan pada gaya ini.

Meskipun beberapa orang memilih gaya minimalis karena mereka percaya maksimalisme sama dengan berantakan, maksimalis yang berkembang sekarang sudah jauh lebih tertata dan rapi secara estetika.

Untuk menciptakan ruang dengan gaya interior maksimalis, bayangkan bahwa ruangan tersebut adalah gua harta karun Aladdin yang dikuratori dengan cermat, dengan setiap furnitur dan pajangan yang dipamerkan tampak menarik.

Kunci dari tren desain ini adalah mendekorasi ruang dengan warna cerah, barang mewah, dan pola yang meriah. Investasikan ide kalian dalam penampilan mewah yang tidak akan terlihat aneh.


1. Gaya Ruang Tamu Maksimalis

Untuk memaksimalkan ruang sederhana, kalian dapat menggunakan teknik dekorasi yang subtle atau halus. Jangan terpaku dengan aturan-aturan dan buatlah ruangan yang menunjukkan karakter kalian.

Orang sering percaya bahwa ruang yang kecil membutuhkan desain yang lebih sederhana, tetapi kalian punya kebebasan untuk mendekorasinya sesuka hati. Ruang tamu harus terasa seperti kepompong yang memberi kesan tentang siapa diri kita, dan ruang yang lebih kecil seringkali lebih baik untuk menunjukkan cita rasa karakter yang dalam.
 

2. Gunakan Warna untuk Meningkatkan Suasana

Tren warna yang tepat adalah kunci suasana hati kita dan seberapa besar kemungkinan kita merasa terhubung dengan rumah kita. Jika tidak yakin, mulailah dengan melihat lemari pakaian, karena biasanya kita lebih baik dalam mengekspresikan diri melalui fesyen daripada furnitur.

Untuk menciptakan suasana megah, pilih warna kontras yang lebih intens. Sementara untuk ruang yang lebih tenang, cat pinggiran, dinding, dan jendela dengan warna yang sama. Teknik ini juga akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar jika digunakan pada ruangan dengan langit-langit rendah.
 

3. Jangan Ragu Gunakan Motif

Ornamen adalah elemen yang wajib ada pada ruang dengan desain maksimalis. Desain minimalis dan warna monokrom biasanya tidak bisa menciptakan gaya megah yang merepresentasikan gaya maksimalis. 

Untuk mencapai tampilan maksimalis yang lebih sempurna, sertakan lebih dari satu pola dalam sebuah ruang. Bunga-bunga cocok dengan garis-garis; misalnya pada sofa bermotif bunga dengan permadani motif garis. Kolaborasi ini menciptakan visual yang kontras namun tidak 'berantakan'.
 

4. Hiasi Ruangan dengan Pencahayaan Dekoratif

Pencahayaan dekoratif memiliki fungsi yang sama seperti pajangan karya seni. Teknologi LED memiliki dampak besar pada desain pencahayaan dalam beberapa tahun terakhir, yang berarti lebih banyak potensi untuk desain yang tidak biasa daripada sebelumnya.

Jangan merasa tertakn untuk mencocokkan semuanya. Kalian bisa memadukan trim lampu, sakelar, dan perlengkapan pintu untuk tampilan yang serasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Japandi, Gabungan Gaya Hidup Jepang & Skandinavia

BERIKUTNYA

Dari Big Mouth hingga Crazy Love, Ini 4 Drakor yang Tayang di Disney+ Maret 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: