Cuplikan film West Side Story (Dok. 20th Century Studios)

Asyik, Film West Side Story Tayang di Disney+

02 March 2022   |   22:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira buat kamu yang belum sempat menonton film West Side Story. Pasalnya, film garapan sutradara Steven Spielberg itu mulai tayang di platform Disney+ Hotstar pada hari ini, Rabu (2/3/2022). Disajikan dalam bentuk musikal, film ini menampilkan kisah klasik persaingan sengit dan cinta masa muda dengan latar belakang kota New York pada 1950-an.

Cerita film Wide Side Story mengeksplorasi persaingan antara dua geng remaja jalanan dari ras yang berbeda, Jets dan Shark. Kedua kelompok ini mengalami perjalanan penuh emosi dalam memperebutkan teritori yang akan hilang.

Film ini berlatar di di lingkungan yang terletak di Upper West Side, sebuah lingkungan multiras yang terdiri dari pekerja buruh. Pada awal 1950-an, daerah tersebut akan diratakan untuk pembangunan Lincoln Center for the Performing Arts, Universitas Fordham, dan proyek lainnya.

Kisah persaingan menjadi rumit ketika Tony, yang merupakan mantan anggota Jets, dan Riff, sang pemimpin Jets mulai jatuh cinta dengan Maria, saudara perempuan dari Bernardo, pemimpin Sharks.
 

(Baca juga: Film Batman Babak Baru Mulai Tayang di Bioskop)

Sebelum dibuat menjadi film versi Steven Spielberg, West Side Story sebenarnya sudah pernah diadaptasi menjadi film pada tahun 1961 oleh Robert Wise dan Jerome Robbins. Kala itu, film ini menjadi sebuah fenomena budaya karena berhasil memenangkan sepuluh penghargaan Academy Award atau Piala Oscar.

West Side Story diciptakan oleh empat talenta legendaris, sutradara dan koreografer Jerome Robbins, komposer Leonard Bernstein, penulis lirik Stephen Sondheim dan penulis drama Arthur Laurents.

Dalam versi teater, West Side Story ditayangkan perdana di Broadway pada 26 September 1957 di Winter Garden Theatre dan telah ditampilkan dalam 732 pertunjukan.

Kenyataan itu pun menjadi suatu tantangan bagi Steven Spielberg. Sebagai sebuah mahakarya, katanya, dia berusaha untuk menceritakan ulang film tersebut berdasarkan versinya sendiri tanpa menghilangkan esensi dari drama musikal aslinya.

“Ini merupakan salah satu film yang paling menantang dalam karier saya karena harus menceritakan ulang sebuah mahakarya dari sudut pandang saya, tanpa mengorbankan integritas dari drama musikal yang dianggap memiliki musik terbaik yang pernah diciptakan untuk dunia teater,” katanya.

West Side Story sendiri dibintangi oleh sederet aktor seperti Ansel Elgort  (Tony), Rachel Zegler (Maria), Ariana DeBose (Anita), David Alvarez (Bernardo), Mike Faist (Riff), serta Rita Moreno (Valentina).
 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow... Ada Tiket Sepak Bola dalam Bentuk NFT

BERIKUTNYA

Mengoptimalkan Bluetooth untuk Berbagi Berkas dengan Nearby Share

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: