Ilustrasi (Dok. Antoni Shkraba/Pexels)

Ingin Mengusir Jenuh Dengan Memulai Kegiatan Baru, Perhatikan 3 Tips Penting Ini

02 March 2022   |   21:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selama pandemi Covid-19, orang-orang cenderung menghabiskan waktu di dalam rumah akibat pembatasan sejumlah kegiatan publik. Tak jarang, hal tersebut menimbulkan rasa jenuh bahkan stres. Perlu berbagai siasat agar kita tetap bisa menjaga kesehatan mental di situasi saat ini salah satunya dengan menggali atau mencoba minat baru.

Memulai atau mengembangkan hobi yang bermanfaat bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan stres dan menjaga jiwa yang sehat. Cara tersebut juga diyakini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman di tengah situasi yang kurang kondusif.

Saskhya Aulia Prima, Psikolog dan Co-Founder TigaGenerasi mengatakan secara psikologis, otak manusia memang akan cenderung berusaha untuk melawan kejenuhan dan mendorong diri untuk terus aktif. Itu sebabnya, terangnya, mengeksplorasi hal baru bisa menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas, sehingga dapat menggantikan pikiran-pikiran negatif.

"Selain mengurangi stres, mencoba hal baru juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mendatangkan sense of accomplishment atau rasa bangga terhadap diri sendiri karena telah berhasil memulai hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya," ujarnya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Rabu (2/3/2022).
 

Brooke Cagle

Menemukan kelompok dengan minat yang sama adalah hal penting untuk memulai sesuatu yang haru (Dok. Brooke Cagle/Unsplash)

Buat kamu yang ingin memulai hal atau kegiatan baru, Saskhya memberikan tiga tips penting berikut ini:
 

1. Konsisten menikmati proses

Ketika ingin memulai hal baru, kita harus sadar betul dan memasang mindset bahwa tidak ada proses yang instan. Oleh karena itu, penting untuk mengapresiasi setiap progres kecil yang telah kita capai dan menyikapi jatuh bangun yang terjadi dengan pikiran yang lebih terbuka.

Menurut Saskhya, keadaan yang sering berubah ini kerap membuat tujuan tiap orang berubah. Namun, kunci utama dalam menjalani perjalanan hidup yang baru adalah konsisten, mengetahui bahwa kemungkinan terburuk bisa saja terjadi, serta mencari sisi yang menyenangkan agar terus semangat. 

"Misalnya, mulai olahraga satu kali seminggu hingga ketemu ritme yang pas dan sense of accomplishment lalu naikkan target secara perlahan,” kata Saskhya.
 

2. Pilih kelompok dengan minat sama 

Ketika kita memiliki teman dengan minat yang sama, kita lebih terpacu untuk tetap gigih karena dapat saling menyemangati dan mengingatkan satu sama lain. Selain itu, mengerjakan sesuatu bersama teman dapat meminimalisir perasaan kesepian yang sering muncul akibat pandemi.

Sashkya menuturkan sebagai makhluk sosial, kita butuh untuk berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, katanya, support grup bisa membantu menjaga semangat agar kamu tidak merasa menjalani kegiatan atau hobi baru sendirian.

“Caranya, cari teman dengan minat dan tujuan yang sama, lalu tentukan jadwal yang jelas dan tidak mengganggu prioritas masing-masing agar bisa konsisten dalam menjalaninya,” terang Saskhya.

(Baca juga: Hobi Nonton & Menulis? Yuk Ikutan Lomba Movie Review Hypeabis)
 

3. Jangan overthinking

Keluar dari zona nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri untuk dilakukan. Terkadang kita menjadi enggan untuk mencoba hal baru karena terlalu banyak memikirkan hal-hal lain yang belum tentu terjadi.

Sebagai langkah awal dalam mengeksplorasi hal baru, alih-alih menargetkan perubahan yang jauh di luar kebiasaan, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu. Contohnya, membaca artikel yang relevan atau tanya pendapat teman yang lebih berpengalaman. Tak hanya itu, eksplorasi hal baru dapat dimulai melalui hal sederhana dengan mengulik yang ada di sekitar.

“Apapun motivasinya, mengeksplor kegiatan baru yang positif sebaiknya menjadi pengalaman yang berlandaskan kesenangan, sesuai dengan kemampuan, dan jangan terlalu keras pada diri sendiri,” kata Sashkya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tips Anti Gagal Bisnis Waralaba, Cocok Buat Pemula

BERIKUTNYA

Yuk Intip Cara Pemilik Bisnis Kuliner Tekan Biaya Operasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: