Smartphone Poco M4 Pro (dok. Poco)

Debut Perdana Poco di Mobile World Congress Boyong 2 Produk Utama

01 March 2022   |   19:58 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun ini menjadi tahun perdana vendor ponsel pintar (smartphone) asal China, Poco untuk unjuk gigi pada ajang pameran industri teknologi terbesar Mobile World Congress (MWC). Pada acara tersebut, perusahaan mengumumkan dua perangkat anyar yakni Poco X4 Pr 5G dan Poco M4 Pro. 

Head of Poco Global Kevin Qiu mengatakan bahwa perusahaan telah berniat untuk ikut serta pada ajang MWC Barcelona sejak lama, tetapi kondisi beberapa waktu terakhir yang kurang kondusif menjadi pertimbangan dan akhirnya tahun ini menjadi langkah awal bagi perusahaan. 

Dia menuturkan bahwa peluncuran dua perangkat terbarunya di MWC menyusul keberhasilan suksesornya yakni Poco X3 Pro dan Poco M3 Pro yang dirilis pada tahun lalu. Seri ini dipilih karena perusahaan ingin menghadirkan perangkat yang terjangkau dengan performa dan fitur mumpuni. 
 

Poco X4 Pro 5G 

Poco menggambarkan smartphone X4 Pro 5G sebagai perangkat yang akan menghadirkan pengalaman unggulan, tetapi dengan harga yang terjangkau. Pada presentasi MWC 2022 diumumkan bahwa ada dua varian yang disediakan. 

Ponsel dengan varian RAM 6GB dan penyimpanan 128GB diberi banderol seharga 299 Euro atau sekitar Rp4,8 juta, serta varian RAM 8GB dan memori penyimpanan 256GB yang dipasarkan dengan harga 349 Euro atau sekitar Rp5,6 juta. 

Dengan harga yang ditawarkan, pengguna akan mendapatkan fitur unggulan seperti layar AMOLED Dot Display 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz resolusi FHD+ (2400x1080). Ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya yang masih memakai layar IPS LCD. 

Bagian kameranya, Poco X4 Pro 5G dibekali dengan tiga sensor yakni kamera utama 108MP, kamera ultra lebar 8MP, dan kamera mikro 2MP. Sementara itu, bagian depannya mengusung kamera tunggal dengan resolusi 16MP. 

Untuk dapur pacunya, X4 Pro hadir dengan prosesor Snapdragon 695 5G yang punya 8 core. Ini tampaknya mengalami penurunan ketimbang suksesornya yang memakai cip Qualcomm seri 8 yakni Snapdragon 860. 

Akan tetapi, perusahaan mengatakan bahwa cip Snapdragon seri 6 yang disematkan pada perangkat anyarnya memiliki kemampuan yang tidak kalah gahar, sementara memiliki konsumsi daya yang lebih irit dan hemat. 
 

Poco M4 Pro 

Adapun, smartphone lain yang diperkenalkan oleh Poco pada ajang MWC 2022 adalah seri M terbaru, yakni Poco M4 Pro. Varian yang lebih terjangkau dari seri X ini juga menampilkan spesifikasi yang cukup menarik di kelasnya. 

Ponsel masih dibekali dengan layar AMOLED DotDisplay berukuran 6,43 inci dengan refresh rate 90Hz. Sekali lagi, ini mengalami peningkatan dari seri sebelumnya dan tampaknya perusahaan mulai fokus pada bagian visual untuk para pengguna. 

Bagian foto dan videonya juga menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang. Kamera utama dengan resolusi 64MP, kamera ultra lebar dengan 8MP, dan lensa makro 2MP. Untuk urusan swafoto, ponsel memiliki kamera depan 16MP. 

Berbeda dengan seri X terbarunya, smartphone ini menggunakan cip Helio G96 dari MediaTek. Dibekali dengan baterai jumbo 5.00 mAh. Perusahaan menyediakan tiga varian warna yakni hitam, biru, dan kuning seperti pada seri sebelumnya. 

Untuk harganya, perusahaan mengumumkan bahwa Poco M4 Pro akan dijual dengan harga 219 Euro atau sekitar Rp3,5 juta untuk varian RAM 6GB dan penyimpanan 128 GB, serta harga 269 Euro atau sekitar Rp4,3 juta untuk varian RAM 8GB dan 256GB. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tips Belajar di Luar Negeri dari Konten Kreator Xaviera Putri

BERIKUTNYA

Kim Jae-wook & Krystal Jung Cerita soal Perannya dalam Drakor Crazy Love

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: