Instagram Reels. (Dok, Instagram)

6 Cara Cuan lewat Instagram Reels

28 February 2022   |   16:20 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sejak dirilis pada Agustus 2020, fitur Reels di aplikasi Instagram tumbuh makin besar dan hampir menyusul TikTok. Tidak hanya untuk membagi konten, fitur ini juga bisa mendatangkan cuan loh. Strategi marketing dengan menggunakan Reels sudah banyak diterapkan oleh pemilik bisnis.

Kalian bisa mendapatkan pendapatan bahkan mulai dari Rp100.000 untuk satu konten reels. Bayangkan jika kalian punya ribuan hingga ratusan ribu follower aktif, keuntungan dari reels tentu akan jadi lebih besar.

Fitur reels kini bahkan dianggap sebagai fitur paling produktif di Instagram bagi kreator dan pemilik akun bisnis untuk mendatangkan keuntungan.

Mau tau caranya? Genhype pasti sudah tahu kunci sukses di media sosial mana pun adalah konsistensi. Ini sangat penting untuk kalian yang baru membangun akun bagi siapa saja yang ingin brandnya terkenal atau bercita-cita menjadi influencer.

Namun, jangan sampai aturan dasar ini membebani bisnis dan mental kalian. Boleh saja menjalani bisnis dengan disiplin dan konsisten, tapi ingat untuk istirahat setiap saat dan pastikan kalian tetap terhubung dengan audiens.

Sudah siap meraih cuan dari reels? Yuk simak tipsnya.
 

1. Manifestasi

Influencer mungkin kata yang asing didengar sepuluh tahun yang lalu. Sekarang, pekerjaan ini bahkan diidamkan anak sekolah dasar. Untuk memasarkan profil kalian sebagai influencer di Instagram, yang dibutuhkan adalah berperilakulah seperti influencer yang sukses.

Jangan salah paham dulu, kalian tidak harus merogoh kocek dalam untuk hidup seperti influencer. Kalian bisa membuat beragam konten dari kehidupan sehari-hari kepada audiens, merekomendasikan produk andalan, memperlihatkan bagaimana kalian memoles wajah dengan makeup, resep masakan dan lain lain.

Kalian bisa menunjukkan semua ini dalam durasi 30 detik lewat Reels, jangan lupa untuk selalu memberikan kesan pertama yang baik. Ini yang akan membawa kalian pada cuan dari Reels.
 

2. Affiliate Marketing

Kalau Genhype adalah pemula di dunia influencer, mendapatkan sponsor atau endorse dari brand populer memang tidak mudah. Kalian bisa memulai pendekatan dari brand kecil atau lokal terlebih dahulu. Sampaikan rencana promosi kalian di reels dan berikan link afiliasi (affiliate link) kalian.

Jika itu produk makeup, sebagai promotor kalian bisa membuat video tutorial dengan produk dari brand tersebut, lalu tag mereka. Begitu juga dengan produk pakaian, makanan, elektronik dan lain-lain.

Cara ini dapat mendorong penjualan brand dan bisa jadi salah satu cara kalian menghasilkan uang lewat Instagram Reels.
 

3. Jual Produk

Kalau Genhype sedang merintis bisnis baru, tidak ada salahnya mempromosikan usaha kalian lewat reels. Dengan berbagai fitur dan trik, konten kalian bisa ditonton oleh semua pengguna Instagram. Makin banyak engagement, makin banyak pula peluang bisnis untuk tumbuh dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Pastikan konten yang kalian buat menarik untuk ditonton. Berikan informasi selengkapnya, di video dan caption, lalu jangan lupa berikan link untuk membeli. Sama seperti konten influencer, konten promosi bisnis juga harus konsisten.

Satu trik yang banyak digunakan akun bisnis dalam membuat konten reels adalah dengan menggunakan latar musik yang sedang populer. Hal ini menjamin konten kalian mendapatkan engagement yang lebih tinggi.
 
1
2


SEBELUMNYA

Simak 3 Pelajaran Penting dari Peristiwa Isra Miraj

BERIKUTNYA

Penyanyi Korea Sering Pre-Recording saat Tampil di TV, Lipsync Enggak Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: