CPU Intel Generasi Ke-12 Alder Lake (dok. Intel)

Intel Umumkan CPU Generasi Ke-12 untuk Laptop Tipis & Ringan 

24 February 2022   |   15:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Intel akhirnya memperluas keluarga central processing unit (CPU) terbarunya, Intel Core 12th Gen yang bernama Alder Lake. Kali ini, perusahaan menghadirkan varian cip yang ditujukan bagi laptop tipis dan ringan untuk pengguna lebih umum. 

Sebagaimana diketahui, Intel meluncurkan produk pertama dari Alder Lake Generasi ke-12 pada ajang Consumer Electronics Show (CES 2022) pada awal tahun ini. Hanya saja, baru cip paling bertenaga seri H yang diperkenalkan. 

Terbaru, perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat, itu meluncurkan portofolio anyarnya untuk jajaran laptop Alder Lake yakni model seri P dan Seri U. Seperti disebutkan seri ini lebih ditujukan untuk penggunaan laptop yang lebih tipis, ringan, dan lebih murah. 

Dilansir dari The Verge, ada sekitar 20 cip yang cocok untuk berbagai perangkat keras di kategori seri P dan seri U dengan 15 watt serta seri U dengan 9 watt yang bakal ditenagai oleh prosesor baru. Jajaran laptop tersebut akan hadir mulai bulan Maret 2022. 

Sementara itu, Gadget 360 melaporkan bahwa lebih dari 250 model laptop akan diluncurkan memakai cip tersebut sepanjang tahun. Ini juga mencakup perangkat 2-in-1, detachable laptop, dan foldable screen seperti Asus Zenbook 17 Fold yang diumumkan di CES. 

Seri P disebut akan meramaikan segmen laptop tipis dan ringan tahun ini. Perusahaan menyatakan bahwa ada peningkatan jumlah thread yang berkorelasi dengan peningkatan kinerja dan produktivitas bagi para penggunanya. 

Sementara itu Seri U akan tersedia dalam dua ukuran paket yakni 9 watt dan 15 watt, yang bakal memeriahkan pasar laptop portabel untuk pengguna luas. Ini juga mencakup tujuh model baru mulai dari Intel Celeron hingga Core i7. 

Intel mengatakan bahwa CPU terbarunya menggunakan fitur Thread Director yang sama dengan CPU generasi ke-12 yang dirilis sebelumnya. Fitur tersebut akan membantu menetapkan beban kerja secara lebih dinamis sehingga penggunaannya bisa lebih optimal. 

[Baca juga: Intel kembangkan cip ramah lingkungan untuk kripto]


Editor : Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Simple Plan Ajak Fans Ngobrol soal Lagu Anyar Ruin My Life di Joox

BERIKUTNYA

Garmin Rilis Smartwatch Hybrid, Kombinasi Tampilan Klasik & Fitur  Modern 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: