Ilustrasi diecast car (Sumber gambar: Mert Aydemir/Unsplash)

Merogoh Kocek Jutaan Demi Mainan Diecast

24 February 2022   |   13:08 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Mengoleksi mobil-mobilan diecast toys atau replika mobil dengan bahan dasar besi dan gabungan sedikit plastik, memang memiliki banyak penggemar. Dari usia muda hingga yang tua banyak yang gemar mengoleksi mainan tersebut. Tak jarang, mereka  rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk mainan yang terkesan untuk anak-anak itu.

Bagi para kolektor diecast car, tidak jarang yang memulai hobi ini justru pada saat sudah beranjak dewasa. Alasan sentimental akan masa kecil, kegemaran pada dunia otomotif, kecintaan pada suatu merek tertentu dan berbagai latar belakang lainnya.

Secara umum, bentuk diecast bermacam-macam mulai dari mobil, sepeda, sepeda motor, pesawat terbang, alat berat (kendaraan dan alat-alat seputar tambang) dan lainnya.

Saat ini banyak sekali produsen mobil mainan ini yang menampung keinginan para penggemarnya. Mulai dari Matchbox yang terkenal dengan Lesney Vintage editionnya, Hotwheel, Corgi, Racing Champions, Siku, ERTL, Tomica, Maisto, Cararama, Tonka, dan yang lainnya.  Hingga sampai Minichamps, produk yang terkenal dengan desain interior mobil mewahnya. 
 

Ilustrasi (Sumber gambar: Gita Carla)

Ilustrasi (Sumber gambar: Gita Carla)

Variasi ukuran pun beragam, mulai dari skala 1:82, 1:64, 1:43, 1:24, 1:18 dan bahkan ada juga beberapa skala yang sangat kecil atau lebih besar lagi. Perlu diketahui, angka 1 di bagian skala perbandingan adalah ukuran kendaraan yang sebenarnya, dan angka di belakangnya adalah besarnya ukuran mainan tersebut.

Di antara replika tersebut, yang terbanyak tersedia dan dibeli sebagai mainan atau koleksi adalah mainan dengan ukuran perbandingan 1:64. Namun untuk koleksi, lebih baik memilih diecast ukuran 1:43 dan 1: 64.

Jka kalian berminat untuk memulai mengoleksi, baik untuk anak, atau untuk diri sendiri, ada beberapa tips untuk membeli dan merawat diecast terbaik yang siapa tahu pada masa depan, dapat menjadi investasi.



Serba-serbi diecast

Merawat diecast bisa dibilang gampang-gampang susah. Meski hanya dipajang, merawat mainan ini memiliki cara tersendiri agar memiliki tampilan terbaik berharga tinggi. Biar tidak salah langkah, berikut beberapa tips untuk merawat koleksi ini.


1. Rawat diecast toys dengan baik

Perawatan adalah hal yang sangat penting, tetapi sering diabaikan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjaga diecast tetap dalam kondisi terbaik adalah menyimpannya pada suhu ruangan, dan dibersihkan dari debu secara rutin. Bagi kolektor serius, biasanya mereka membeli alat perawatan seperti kuas dan digunakan secara rutin sesuai dengan usia dan kondisinya.Untuk menjaga agar suhu ruangan tidak lembab, gunakan tisu kering untuk alas mobil diecast.


2. Simpan diecast di tempat yang sesuai

Perlu diketahui, cat diecast lumayan sensitif sehingga hindari meletakkannya di tempat yang lembab. Kolektor biasa menyimpannya di display case dan tempat penyimpanan lain untuk melindunginya dari debu. Biasanya display care tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat menyimpan banyak koleksi. Karena melindungi diecast kalian dari debu, perawatan yang dapat dilakukan cukup mengelap tempat penyimpanan saja. Berikan juga silika gel agar diecast tidak mudah berkarat.


3. Hindari penggunaan air dan sabun

Jika diecast terlanjur terkena debu, hilangkan dengan menggunakan lap kering atau microfiber yang lembut di semua permukaannya. Lebih baik gunakan sarung tangan plastik atau karet agar permukaannya tidak terkena keringat. Hindari penggunaan air dan sabun yang akan merusak cat dari diecast.


4. Pantau berita mengenai harga dan industri diecast

Untuk menekuni hobi ini, kalian harus memantau harga dari berbagai publikasi mengenai diecast. Dengan demikian, kalian dapat mencatat koleksi dan memantau harganya setiap bulan. Contohnya, Pink Rear Loading Beach Boom yang diproduksi 1969, sekarang ini sudah seharga mencapai Rp2,45 miliar. Cara ini dapat memudahkan kalian untuk mengoleksi sambil berinventasi diecast.


5. Ketahui grade kondisi diecast

Kelektor yang mengoleksi mobil-mobil antik dan vintage biasanya menyesuaikan harga-harga diecast yang kondisinya sudah tidak terlalu bagus seperti keluaran  1970-an. Dengan mengenal grade diecast kalian dapat menakar nilai setiap diecast yang ingin kalian koleksi atau investasikan.


6. Mulai dengan skala 1:64

Skala diecast sangat beragam, tetapi skala 1:64 adalah yang paling populer dan tersedia di pasaran, sehingga untuk pemula skala ini adalah skala paling tepat untuk memulai. Skala inilah yang digunakan pada sebagian besar produk mobil Hot Wheels di pasaran. Dengan harga yang biasanya sangat murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan kolektor. Selain itu, karena ukurannya yang relatif kecil, maka tidak sulit untuk dipajang secara estetik.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

KAI Operasikan Joglosemarkerto, Kini Dari Cilacap Bisa ke Yogyakarta Menggunakan Kereta Api

BERIKUTNYA

Tujuh Jurus Melawan Prokrastinasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: