STAYC (Sumber gambar: High Up Entertainment)

STAYC Bertumbuh Dewasa dengan Album Mini YOUNG-LUV.COM

22 February 2022   |   14:46 WIB

STAYC kembali dengan karya baru melalui album mini kedua YOUNG-LUV.COM dan video klip RUN2U. Berbeda dengan konsep sebelumnya yang lebih fresh, kini STAYC hadir dengan tampilan yang lebih dewasa dengan pendekatan teen-fresh sebagai konsep yang konsisten dibawakan girl group tersebut.

Comeback ini merupakan yang terbaru setelah 5 bulan perilisan STEREOTYPE, di mana kali ini mereka menunjukkan pertumbuhan bertingkat dengan pendekatan kisah cinta yang lebih variatif dan lebih dewasa dibandingkan sebelumnya.

"Kami mempersiapkan comeback ini bersamaan dengan penampilan akhir tahun dan acara penghargaan," ujar STAYC dalam konferensi pers daring.

Mengenai konsep album secara keseluruhan, Sieun menjelaskan bahwa album YOUNG-LUV.COM merupakan album dengan 6 lagu yang menceritakan tentang kisah cinta berbeda-beda dengan pendekatan yang lebih dewasa.

Selain RUN2U, lagu-lagu lain dalam album ini adalah SAME SAME, 247, YOUNG LUV, BUTTERFLY, I WANT U BABY. Dengan arahan produser Black Eyed Pilseung yang merupakan produser tetap di High Up Entertainment, STAYC hadir dengan warna dan kepribadian musik baru bersama dengan produser dan penulis lagu baru seperti Jeon Gun, BXN, FLYT, dan will.b.
 

STAYC dalam showcase performance daring, Senin (21/02/2022). (Dok. High Up Entertainment)

STAYC dalam showcase performance daring, Senin (21/02/2022). (Dok. High Up Entertainment)


Meski banyak hal baru yang mereka hadapi, pembuatan album ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya tekanan dan ketegangan selama promosi sebelumnya. Akan tetapi, Sumin mengatakan bahwa kali ini STAYC lebih percaya diri untuk bisa membuat album yang lebih baik lagi.

"Kami berfokus untuk menunjukkan sisi baru dari STAYC yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya. Kami ingin menjaga konsep teen fresh sambil menunjukkan STAYC yang kuat dan dewasa," tutur Sieun.

Secara rinci pada lagu utama RUN2U, lagu ini bercerita tentang mengungkapkan perasaan seseorang yang berlari ke arah orang lain tanpa rasa takut dan tidak peduli dengan perkataan orang lain demi cinta. 
 

STAYC kemudian berbicara tentang perbedaan antara lagu sebelumnya yaitu SO BAD, ASAP, dan STEREOTYPE yang menunjukkan tahapan cinta yang berbeda-beda. Dengan aliran elektronik dansa, lagu ini dibangun dengan synth dasar dari ritme shuffle, lalu dilanjutkan dengan kombinasi drop dan suara dasar yang tiba-tiba meledak secara agresif melalui pre-chorus yang mengesankan.

"Dalam lagu debut SO BAD, kami mengekspresikan cinta yang belum dewasa, ASAP mengekspresikan harapan kami kepada orang yang kami suka agar bisa segera terlihat, dan di STEREOTYPE kami menunjukkan cinta kami. Untuk lagu ini, kami mengekspresikan kesan keras hati dan berupaya maksimal dalam RUN2U," tutur Sieun.

Dalam pembuatannya, lagu RUN2U bukanlah lagu yang dipilih dari beberapa lagu yang ada untuk dijadikan lagu utama, tapi lagu ini justru dibuat secara khusus untuk dijadikan sebagai lagu utama sejak awal.

"Saya tahu bahwa PD (produser Black Eyed Pilseung dan kawan-kawan) tidak memilih lagu utama dari beberapa lagu, tapi menulis lagu ini setelah berpikir tentang konsep dan arah dari album ini. Setelah mendengar guide (panduan lagu) untuk pertama kalinya, semua anggota menyukainya. Saya merinding tiga kali, saya menyukainya. Ini membuat saya ingin mendengarkan lagunya sesegera mungkin seiring dengan proses perekaman suara kami," jelas Isa.
 

Mengenai lagu b-side favorit masing-masing, sebagian besar menyebut lagu YOUNG LUV, BUTTERFLY, dan SAME SAME sebagai lagu favorit mereka. YOUNG LUV menjadi pilihan Yoon, J, dan Seeun karena aliran heavy metal yang menjadi eksplorasi baru bagi STAYC untuk pertama kalinya; BUTTERFLY menjadi pilihan Isa dan Sumin karena aliran R&B yang sesuai dengan gaya mereka; dan SAME SAME dipilih Sieun karena dia telah menyukai guide lagu tersebut sejak awal.

Dengan kehadiran album YOUNG-LUV.COM, mereka belajar bahwa album ini menjadi perkembangan baru mereka dari eksplorasi berbagai aliran yang belum pernah disentuh sebelumnya. Yoon menjelaskan bahwa album ini memberikan kesempatan STAYC untuk memperluas aliran musik yang mereka bisa lampaui.

"Produser bilang kami tidak boleh membatasi diri dalam genre tertentu. Ketika selesai, kami sadar bahwa kami bisa melakukannya lagi. [Akhirnya] kami sadar bahwa kami bisa melakukannya jika percaya dengan kemampuan dan pikiran untuk melakukannya," tambah J.

Album mini YOUNG-LUV.COM dan video klip RUN2U kini bisa dinikmati di berbagai platform musik daring seperti Spotify, Youtube, dan lainnya.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Kantor Hak Cipta AS Tolak Hak Cipta Karya Seni dari Mesin AI 

BERIKUTNYA

Ini Kata Kurator Pameran Tentang Manifesto VIII

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: