Para pemain drama Thirty Nine (Dok. JTBC)

Ini Daya Tarik Kisah Perempuan Menjelang Usia 40 Tahun dalam Drakor Thirty Nine

22 February 2022   |   13:01 WIB

Drama serial Korea Selatan Thirty Nine menjadi salah satu rekomendasi tontonan di Netflix. Drama yang mulai tayang pada 16 Februari 2022 itu mencatat rating yang cukup tinggi pada episode pertamanya. Menurut data Nielsen Korea, Thirty Nine mencatat rating pemirsa nasional rata-rata sebesar 4,4 persen.

Angka tersebut pun meningkat ketika episode kedua ditayangkan pada 17 Februari 2022. Drama ini meraih rating nasional rata-rata sebesar 5,1 persen.

Thirty Nine berkisah tentang kehidupan persahabatan dan percintaan tiga perempuan berusia 39 tahun yang diperankan oleh Son Ye-jin, Jeon Mi-do, dan Jang Joo-hee.

Cha Mi-jo (Son Ye-jin) adalah seorang dokter kulit yang membuka klinik di Gangnam. Dia lahir dan dibesarkan di keluarga yang kaya. Dia memiliki dua sahabat bernama Jung Chan-young (Jeon Mi-Do) dan Jang Joo-hee (Kim Ji-Hyun). Ketiganya menjadi akrab sejak masa SMA karena  peristiwa yang tidak disengaja.

Jung Chan-Young bekerja sebagai guru akting yang sebelumnya bermimpi menjadi seorang aktris. Dia merupakan sosok yang paling unik dibanding teman-temannya. Sementara itu, Jang Joo-hee merupakan manajer perusahaan kosmetik.

Suatu hari, Chan Young didiagnosa mengidap penyakit berbahaya. Ketiga sahabat itu lalu berusaha menikmati setiap momen dalam hidup mereka karena menyadari bahwa kehidupan tak akan berjalan selamanya.
 

Dok. JTBC

Dok. JTBC


(Baca juga: Suka Duka Para Perempuan Jelang Usia 40 Tahun dalam Drama Thirty-Nine)

Ada alasan tersendiri bagi sutradara Kim Sang-ho memilih fokus cerita yang berlatar usia 39 tahun. Menurutnya, usia 39 tahun adalah usia yang penuh kegelisahan saat mendekati usia 40 tahun. Di satu sisi agak dini untuk mencapai sesuatu sebelum berusia 40 tahun, namun di saat yang bersamaan terasa agak terlambat untuk memulai sesuatu yang baru.

“Jadi saya pikir ini adalah usia yang ambigu yang penuh dengan kegelisahan. Kami ingin menggambarkan kisah tiga teman yang mencapai usia itu, menerimanya dan bergerak maju dari titik balik itu,” kata Sang-ho dikutip dari Soompi, Selasa (22/2/2022).

Tak sekadar menampilkan kisah persahabatan tiga perempuan, Sang-ho mengatakan bahwa dia ingin coba membangun kisah persahabatan tiga manusia. Melalui drama ini, lanjutnya, dia mencoba melakukan yang terbaik untuk dengan tulus menyampaikan emosi yang dapat dirasakan oleh setiap manusia.

“Ini adalah drama di mana akan ada banyak kesenangan dalam menonton akting para aktor dengan detail. Saya ingin menangkap akting luar biasa mereka tanpa merusaknya. Kalian dapat menikmati ini dan melihat kualitas akting yang emosional,” imbuhnya.

(Baca juga: Park Min-young & Song Kang Bicara Tantangan Berperan dalam Drakor Forecasting Love and Weather)

Cerita dalam drama ini pun dirasakan oleh penulis skenario Yoo Young-ah. Dia mengatakan ketika berusia 39 tahun, dia merasa tertekan oleh kenyataan bahwa dia akan berusia 40 tahun. Banyak orang beranggapan bahwa usia 40 tahun adalah saat di mana orang bebas dari kebimbangan dalam hidup.

“Saya ingin membuat usia 39 tahun ini menjadi lebih semangat. Usia 39 tahun juga masih muda,” katanya.

Alih-alih menyajikan cerita yang rumit, Young-ah mengatakan bahwa drama ini mendekati para subjek cerita dengan cara yang ringan dan murni. Menurutnya, terkadang cara yang paling tepat untuk menghadapi masalah bukanlah materi, tetapi percakapan yang hangat dan jujur dengan orang-orang di sekitar.

“Apakah kita sakit parah atau ada kenyataan pahit yang kita ketahui, saya pikir hubungan yang tulus adalah yang paling penting,” katanya.

Dia juga tak luput memberikan apresiasi kepada para pemain utama drama Thirty Nine. Menurutnya, para aktor telah memberikan akting terbaiknya sehingga membuat karakter mereka semakin menawan.

“Saya sangat berterima kasih. Para aktornya jauh lebih cantik, luar biasa dan ceria daripada karakter yang ada dalam pikiran saya ketika menulis. Jadi saya berpikir bahwa mereka adalah aktor yang benar-benar top,” tambahnya.
 


Editor: Fajar Sidik
 
SEBELUMNYA

Cruz Beckham Rayakan Ulang Tahun ke-17 dengan Kue Bertema Billie Eilish

BERIKUTNYA

Walt Disney World Dituding Mencuri Hak Cipta Desain Merchandise Edisi Spesial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: