iPhone 13 (dok. Unsplash/Sahej Brar)

Ini Loh Perbedaan Kamera iPhone 13 & iPhone 12

21 February 2022   |   13:01 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Vendor ponsel pintar Apple telah merilis seri terbarunya iPhone 13 Series ke pasar Indonesia. Salah satu spesifikasi yang mendapatkan perhatian penting dan peningkatan cukup signifikan pada generasi anyar itu adalah bagian kamera. 

Berdasarkan situs benchmark kamera ponsel pintar DXOMark, iPhone 13 mencatatkan peningkatan skor yang cukup signifikan ketimbang generasi sebelumnya seperti iPhone 12, sehingga peringkatnya pun berada jauh di atas. 

Spesifiknya, iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro mendapatkan skor 137 poin dan iPhone 13 (reguler) mendapat skor 130 poin. Sementara itu, iPhone 12 Pro Max punya skor 130, iPhone 12 Pro dengan skor 128, dan iPhone 12 (reguler) dengan skor 122 poin. 

Kamera memang menjadi titik perbedaan yang cukup besar antara iPhone 13 dan iPhone 12, kendati jumlah lensa yang dimiliki tidak berubah antara generasi yang lebih baru dan yang lebih lama. Teknologi dan fiturnya lah yang menjadikan perbedaan itu. 

Kamera lebar iPhone 13 memiliki sensor dengan ukuran lebih besar, yang mampu menangkan 47 persen lebih banyak cahaya untuk mengurangi noise dan menghasilkan gambar yang lebih terang dalam kondisi minim cahaya. 

Kedua perangkat memang telah dilengkapi dengan fitur perekaman video Dolby Vision HDR yang tidak diragukan lagi bisa memproduksi video dengan hasil ciamik. Akan tetapi, iPhone 13 telah mampu merekam hingga 60 frame per second (fps), sementara iPhone 12 hanya 30fps. 

Selain itu, fitur unggulan terbaru yang ada pada iPhone 13 adalah Cinematic Mode, yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan depth of field dangkal pada resolusi 1080p 30fps, yang menjadikan video lebih enak dipandang. 

Cinematic Mode dapat mengatur fokus untuk memindahkannya dengan mulus dari satu objek ke objek lainnya saat melakukan perekaman video. Implementasinya, ini menahan fokus pada objek sambil mengaburkan latar belakang, dan secara otomatis mengubah fokus saat objek baru masuk ke tampilan. 

Tak hanya itu, iPhone 13 juga memiliki fitur yang disebut Photographic Style. Ini merupakan fitur cerdas yang dapat menyesuaikan diri seperti meningkatkan warna latar tanpa memengaruhi kulit. Fitur ini lebih diterapkan secara selektif ke gambar, tidak seperti filter yang diterapkan ke seluruh bagian. 

Jadi, iPhone 13 secara umum menawarkan video dengan Dolby Vision HDR pada frame rate yang lebih tinggi, Cinematic Mode, dan Photographic Style yang merupakan fitur baru serta spesifikasi perangkat keras yang ditingkatkan. 

Kendati demikian, kamera dari iPhone 12 masih merupakan salah satu yang terbaik di pasaran. Bagaimana pun, Apple telah dikenal sebagai salah satu smartphone kamera papan atas terlebih untuk hasil video yang sangat memuaskan. 

[Baca juga: Begini bocoran bentuk iPhone 14

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

8 Cincin Berlian Termahal di Dunia

BERIKUTNYA

9 Teh Terbaik di Dunia, Ada dari Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: