Ilustrasi (Sumber gambar: Gizchina)

3 Fokus Utama Pengembangan Sistem Operasi Android 13 

18 February 2022   |   14:57 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Belum lama ini, Google telah resmi meluncurkan pratinjau pengembang pertama untuk sistem operasi seluler terbarunya yang tak lain adalah Android 13 - penerus dari Android 12 yang diperkenalkan pada tahun lalu. Kira-kira pengembangan dan fitur apa saja yang akan hadir di Android 13 ini?

Google mencatat bahwa miliaran orang di seluruh dunia telah memanfaatkan perangkat berbasis Android untuk membantu aktivitas harian mereka. “Android sangat berguna untuk pengguna, itu sebagian besarnya karena kerja dengan komunitas pengembang kami dalam memberikan umpan balik,” tulis Google di laman resmi. 

Dalam mengembangkan Android 13 yang diketahui menggunakan nama Tiramisu, perusahaan menyatakan bahwa sistem operasi anyar ini memiliki fokus pada beberapa hal yakni privasi, keamanan, dan produktivitas pengembang. 

[Baca juga: Tiramisu Jadi Nama Sistem Operasi Android 13 ]

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah sorotan penting dari pratinjau pengembang pertama Android 13 yang perlu kalian ketahui. 
 

Privasi dan Keamanan 

Salah satu fokus pengembangan Android 13 adalah membangun platform yang bertanggung jawab dan berkualitas tinggi untuk semua penggunanya dengan menyediakan lingkungan yang aman pada perangkat dan memberi kontrol lebih banyak pada pengguna. 

Beberapa poin pada fokus ini antara lain: Pertama, pemilih foto dan application programming interface (API) dengan penambahan sistem pemilih untuk berbagi foto secara lokal dan cloud dengan aman serta berbagi fail dengan tidak berbagi izin untuk melihat seluruh media yang ada di perangkat. 

Fitur Photo Picker juga memperluas kemampuan dengan pengalaman pemilihan foto dan video khusus. Aplikasi dapat menggunakan API untuk mengakses fail bersama tanpa memerlukan izin melihat semua fail media yang ada. 

Kedua, izin perangkat untuk Wi-Fi. Android 13 akan memperkenalkan izin waktu proses Nearby_Wifi_Devices untuk aplikasi yang mengelola koneksi perangkat ke titik akses terdekat melalui koneksi jaringan Wi-Fi. 

Nantinya, aplikasi yang menggunakan banyak API Wi-Fi dan umum digunakan, akan memerulkan izin baru dan memungkinkan aplikasi menemukan dan terhubung ke perangkat terdekat tanpa memerlukan izin lokasi. 
 

Produktivitas dan Developer Tools 

Android 13 juga memiliki fokus untuk menghadirkan fitur dan alat baru untuk produktivitas pengembang. Ini diharapkan membantu pengguna membuat aplikasi yang relevan untuk berjalan di miliaran perangkat yang telah tersedia. 

Beberapa poin penting dari fokus ini adalah: Pertama, API penempatan pengaturan cepat yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan perubahan pengaturan atau pengambil tindakan cepat tanpa perlu meninggalkan aplikasi. 

Kedua, ikon aplikasi bertema. Pada sistem operasi terbaru itu, Google memperluas fitur Material You - yang diperkenalkan pada Android 12 - ke semua ikon aplikasi di luar aplikasi Google. Ini nantinya akan memungkinkan pengguna memilih ikon dan preferensi tema lainnya. 

Ketiga, preferensi bahasa aplikasi. Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna untuk memilih bahasa sistem yang berbeda. Ini nantinya akan diperluas untuk memudahkan para pengembang mengatur dan mendapatkan bahasa program yang diinginkan. 

Keempat, pembaruan OpenJDK 11. Di Android 13, Google tengah berupaya untuk menyegarkan pustaka inti mereka agar selaras dengan rilis OpenJDK 11 LTS dari Oracle untuk program Java mereka. Perusahaan juga akan membawa perubahan inti ke lebih banyak perangkat melalui pembaruan sistem Google Play.
 

Kompatibilitas Aplikasi 

Kompatibilitas aplikasi merupakan salah hal yang selalu menjadi fokus Google ketika mengembangkan sistem operasi Android versi terbaru, tak terkecuali untuk Android 13-nya. Ini dilakukan untuk menghadirkan pengalaman pemakaian yang lebih cepat dan lancar. 

Beberapa sorotan dalam fokus ini antara lain : Pertama, lebih banyak pembaruan Android melalui Google Play. Google menyatakan bakal memperluas investasinya dalam pembaruan sistem yang diharapkan menciptakan lingkungan aplikasi yang lebih konsisten dan aman. 

Kedua, pengoptimalan untuk tablet dan perangkat lipat. Perkembangan perangkat dengan layar yang lebih besar dan layar lipat juga menjadi perhatian dari Google. Android 13 disebut bakal mengoptimalkan berbagai aplikasi untuk jenis perangkat tersebut. 

Ketiga, memudahkan pengujian dan perubahan. Raksasa teknologi akan membuat sistem yang memudahkan para pengembang untuk menguji perubahan tertentu yang ingin dijajal dengan menyiapkan fitur semacam sakelar untuk mengaktifkan/menonaktifkan perubahan yang ada. 


Editor : Gita

SEBELUMNYA

Resep Skippy Cookies, Semua Bahan Ada di Dapur

BERIKUTNYA

Desainer Wignyo Kreasikan Limbah Tekstil pada Koleksi Batik Kultural

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: