ilustrasi (sumber gambar : Vidal Balielo jr. dari pexels)

Simak Nasihat Mencari Teman Hidup dari Psikolog

17 February 2022   |   07:17 WIB

Tidak semua orang mudah untuk memulai suatu hubungan. Ada banyak faktor yang membuat seseorang sulit memulainya. Meskipun begitu, kenyamanan dan rasa bahagia harus menjadi yang utama dalam menjalin hubungan.

Psikolog Inez Kristianti mengingatkan jauh lebih penting menemukan pasangan yang sesuai untuk individu daripada sekadar mengejar target waktu untuk memiliki pasangan. “Karena setelah berkomitmen pun, kita ingin menjalani hubungan yang nyaman dan bahagia untuk kita,” katanya dalam siaran pers Tinder,.

Dia menuturkan seseorang kerap menetapkan target untuk mendapatkan pasangan pada waktu tertentu karena alasan usia yang sudah menyentuh usia tertentu.

Tidak hanya itu, penetapan target untuk memiliki pasangan tersebut pun tidak terlepas dari rasa khawatir dengan pandangan orang lain karena belum memiliki pasangan pada usia tertentu. 

Selain itu, dia menambahkan standar dalam mencari pasangan juga perlu realistis dan jelas. Menurutnya, tidak masalah jika individu menetapkan sebuah standar ketika mencari pasangan yang akan diajak untuk menjalin hubungan.  

Dia juga menyarankan individu untuk membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan lantaran langkah ini sangat penting, dan harus dilakukan sejak awal.

Ketika sudah menjalin hubungan, jangan terlalu terpaku pada target sehingga melupakan esensi dalam menjalin hubungan yang sebenarnya, yakni mengenal satu sama lain.

Bagi individu yang memiliki orientasi untuk berkomitmen jangka panjang, menjalin hubungan dapat mengetahui apakah pasangan adalah orang yang cocok untuk menjadi pendamping seumur hidup.

“Kamu harus bisa menikmati proses berkenalan dan mengobrol dengan calon pasangan tanpa harus terburu-buru,” katanya.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

3 Pilihan Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Kamar TIdur

BERIKUTNYA

Kecepatan Internet di Indonesia Makin Meningkat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: