Ilustrasi (dok. Pexels/David Jakab)

Kecepatan Internet di Indonesia Makin Meningkat

17 February 2022   |   12:37 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan analitik seluler global, Opensignal, baru-baru ini merilis dua laporan terbaru berjudul Global Mobile Network Experience Awards 2022 dan 5G Impact of Global Mobile Network Experience, yang menggambarkan kondisi industri seluler berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Laporan pertama, 5G Impact on the Global Mobile Network Experience menganalisis 100 negara yang telah dan belum memiliki jaringan generasi kelima untuk mempelajari bagaimana kualitas dan kecepatan jaringan seluler telah berkembang. 

Dirangkum dari laporan tersebut, berikut ini beberapa poin yang berkenaan dengan Indonesia : 
  • Indonesia tercatat mengalami peningkatan peringkat global untuk kecepatan unduh dari posisi ke-71 pada periode kuartal pertama 2019 (sebelum adanya 5G) menjadi posisi ke-68 di kuartal keempat 2021 dengan beberapa operator telah menyediakan layanan 5G. 
  • Pada kuartal terakhir tahun lalu, skor Pengalaman Kecepatan Unduh di Indonesia adalah sebesar 14,4Mbps. Angka ini meningkat sekitar 2,1 kali dari periode awal 2019. 
  • Pengalaman Kecepatan Unduh paling lambat yang tercatat dalam laporan pada akhir 2021 adalah 9,2 Mbps atau sekitar 2,4 kali lebih cepat ketimbang periode sebelumnya. 
  • Dalam pengujian Pengalaman Bermain Gim, Indonesia menempati posisi ke-51 dengan skor 59,6 poin dari skala 100. Angka ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi yakni sebesar 3,7 poin dari periode sebelumnya. 

Opensignal mencatat bahwa pada era teknologi jaringan 5G, kecepatan unduh rata-rata secara keseluruhan telah meningkat di hampir semua negara yang disurvei. Di pasar khusus 4G dan pasar 5G, pengalaman kecepatan unduh telah meningkat dalam tiga tahun terakhir. 

“Pada 95 dari 100 negara globa, pengguna ponsel cerdas mengalami peningkatan kecepatan unduh rerata antara kuartal pertama 2019 - sebelum adanya 5G - dan kuartal terakhir 2021,” tulis Opensignal. 

Adapun, laporan kedua bertajuk Global Mobile Network Experience Awards 2022, secara langsung membandingkan kualitas pengalaman jaringan seluler terbaik untuk berbagai kasus dari operator yang ada di seluruh dunia. 

Dirangkum dari laporan tersebut, berikut adalah beberapa poin penting yang terkait dengan industri dalam negeri : 
 
  • Smartfren terpilih sebagai Global Rising Star, yakni salah satu dari 30 operator telekomunikasi teratas di dunia dengan peningkatan pesat pada kualitas jaringan seluler untuk lima kategori : pengalaman video, gim, aplikasi suara, kecepatan unggah dan kecepatan unduh. 
  • Smartfren dinilai sebagai operator peringkat ke-2 di kawasan Asia Pasifik dengan peningkatan tertinggi pada kualitas pengalaman video dan pengalaman bermain gim. 
  • Telkomsel mewakili Indonesia untuk Global Rising Star pada kategori pengalaman kecepatan unggah. Tercatat, kualitas unggah operator pelat merah tersebut meningkat sebesar 35 persen. 
  • Indosat juga menjadi wakil Indonesia dalam Global Rising Star untuk kategori pengalaman video. Operator seluler tersebut mencatatkan peningkatan kualitas streaming video sebesar 8,7 persen. 

Adapun, di tingkat global operator terbaik untuk berbagai pengalaman jaringan seluler secara umum adalah: T-Mobile Netherlands dan KPN untuk kategori pengalaman video. LG U+ dan SK Telecom Korea Selatan sebagai yang terbaik untuk pengalaman bermain gim. 

Selanjutnya, LG U+, SK Telecom, dan Vodafone sebagai pemenang pada kategori pengalaman aplikasi suara. SK Telecom kembali berada di puncak kali ini untuk kategori kecepatan unduh global. Terakhir, 3 Denmark menempati posisi terbaik kategori kecepatan unggah. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Nasihat Mencari Teman Hidup dari Psikolog

BERIKUTNYA

Museum MACAN Tetap Buka saat PPKM Level 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: