Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

5 Aplikasi Kencan Populer Ini Layak Dijajal Buat Cari Gebetan

15 February 2022   |   19:16 WIB

Cara kencan tradisional di mana kita bertemu orang baru di kedai kopi mungkin merupakan skenario manis ala film komedi romantis bagi orang-orang yang mencari cinta. Namun dengan kemajuan teknologi, eksistensi aplikasi kencan telah mempertemukan banyak orang dengan belahan jiwanya.

Sebagian orang mungkin memiliki pandangan skeptis tentang online dating, namun Statista memperkirakan bahwa pengguna aplikasi kencan akan tumbuh hingga 53,3 juta pada tahun 2025, dibandingkan dengan 44,2 juta pengguna pada 2020.

Sebuah studi dari Stanford University yang diterbitkan pada 2019 menyatakan bahwa online dating sekarang jadi cara umum di Amerika Serikat untuk mendapatkan kekasih, di mana 40 persen dari pasangan bertemu secara online.

Untuk menjawab kebutuhan ini, aplikasi kencan mulai bertebaran bahkan website seperti Match dan eharmony yang banyak digunakan dulu mulai menyesuaikan diri untuk menciptakan versi mobile agar bisa diakses dari smartphone.

Genhype tahu tidak? Ternyata setiap aplikasi kencan yang ada di pasaran saat ini menawarkan konsep kencan yang berbeda. Aplikasi kencan sekarang juga bisa memenuhi kebutuhan mereka yang ingin bertemu orang baru hanya untuk ngobrol asik atau ingin mencari hubungan serius.

Supaya Genhype tidak bingung untuk memulai, berikut ini lima aplikasi kencan populer yang sesuai dengan kebutuhan kalian:

1. Tinder
 

Aplikasi satu ini mungkin memiliki basis pengguna yang besar, sehingga lebih tinggi kesempatan bagi kalian untuk menemukan semua jenis hubungan, kasual maupun serius, Tinder juga mungkin yang mempopulerkan istilah swipe right sebagai cara menemukan match.

Saat menunjukkan minat satu sama lain, kalian akan mendapatkan notifikasi bahwa profil kalian cocok. Ini adalah formula dasar yang telah ditiru lusinan aplikasi serupa.

2. OkCupid
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by OkCupid (@okcupid)


Jika kalian termasuk dalam kategori orang-orang muda yang kurang suka dengan model swipe di Tinder, OkCupid menawarkan 12 identitas gender dan 20 orientasi, dan setiap orang dapat memilih kata ganti (pronoun) — jadi tidak ada yang dipaksa untuk menggunakan sesuatu yang tidak nyaman.

Koneksi OkCupid diperkuat oleh algoritme yang memilih kecocokan berdasarkan seberapa mirip kedua belah pihak menjawab pertanyaan saat mendaftar. Skor kompatibilitas ditambah detail pada preferensi tiap individu membantu dalam mengevaluasi perbedaan apa dan kesamaan kalian.

3. Bumble
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bumble (@bumble)


Aplikasi ini paling cocok untuk pria pemalu dan gadis percaya diri. Bagi perempuan, kemampuan AI untuk menyaring pesan creepy adalah teknologi terbaik yang diberikan Bumble. Dalam upaya untuk memperbaiki salah satu keluhan umum dari aplikasi kencan, perempuan diharuskan untuk mengirim pesan terlebih dahulu dengan Bumble — jadi pengguna hanya akan berbicara dengan seseorang yang benar-benar ingin mereka kenal.

Fitur ini juga menghilangkan tekanan bagi kaum pria yang merasa perlu mengirim pesan pertama setiap saat. Bumble juga tidak akan membuang waktu kalian menunggu jawaban, karena jika pesan pertama tidak dijawab dalam waktu 24 jam match kalian akan terhapus secara otomatis.

4. Hinge
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hinge ???? (@hinge)


Hinge memiliki strategi pemasaran yang unik. Pada tahun 2019 mereka merilis kampanye "Designed to be deleted." yang bermaksud untuk mendorong penggunanya menemukan kekasih, menghapus aplikasi ini dari handphone mereka, dan hidup bahagia berdua. Aplikasi ini menawarkan sesuatu yang lebih serius dari tinder. Hinge juga menawarkan template pembuka percakapan yang bisa digunakan oleh para pengguna pemalu. Alih-alih sibuk swipe kanan atau kiri untuk menemukan match, Hinge menunjukkan profil yang sudah dikurasi dengan visual seperti Instagram.

5. Coffee Meets Bagel
 

Selain namanya yang unik, aplikasi satu ini merupakan salah satu dari aplikasi kencan yang mendapatkan ulasan positif di Reddit, dan ini merupakan fenomena langka. Setiap profil yang diperlihatkan pada pengguna sudah dikurasi sehingga kalian tidak akan menemukan profil-profil creepy

Setiap hari penggunaa akan menerima 5 hingga 21 match tergantung pada jenis kelamin, preferensi, lokasi serta status keanggotaan. Match ini dikuratori oleh algoritme berdasarkan preferensi kalian. Untuk menemukan lebih banyak penelusuran, pengguna dapat menemukan lebih banyak profil di halaman Discover.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Ini Prediksi Airbus tentang Kebutuhan Pesawat hingga 2040

BERIKUTNYA

Resep Lontong Cap Go Meh, Hidangan Perpaduan Budaya Tionghoa & Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: