Zaskia Sungkar dan keluarga (Sumber gambar: Instagram @zaskiasungkar15)

Zaskia Sungkar Berbagi Tips Sukses Memberi ASI dan MPASI

15 February 2022   |   11:18 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Momen memberikan ASI atau mengASIhi kepada sang buah hati memang menjadi momen paling menakjubkan bagi seorang ibu, termasuk artis Zaskia Sungkar yang baru saja memiliki buah hati setelah 10 tahun pernikahannya bersama Irwansyah.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, putranya Ukkasya Muhammas Syahki terserang demam tinggi. Pada saat itu ASI Zaskia menjadi sangat berlimpah sehingga bisa sekaligus menjadi obat bagi buah hatinya tersebut.

"Ini kuasa Allah, luar biasa banget. Memberikan ASI ini sangat penting dijaga untuk  tumbuh kembang anak," ujarnya saat membuka Organic Parenting Talkshow dengan tema “Great Mom Strong Child” yang diadakan PT Hassana Boga Sejahtera.

 

Dok. PT Hassana Boga Sejahtera.

Dok. PT Hassana Boga Sejahtera.



Senada dengan Zaskia, dr Tiwi SpA MARS, dokter spesialis anak yang juga merupakan dokter dari Ukkasya menyampaikan bahwa kunci sukses merawat anak balita adalah kebahagiaan ibunya. Untuk menambah kebahagiaan seorang ibu, kegiatan menyusui sangat membantu.

"Saya juga sering sedikit memaksa para ibu yang sedang galau di klinik, untuk menyusui. Karena dalam proses menyusui ada kontak fisik bayi dan ibu di payudara," ujarnya.

Menurutnya, proses ini memenuhi syarat - syarat untuk mempengaruhi hormon yang menggerakkan sifat keibuan, yaitu hormon prolakin dan oksitosin. Sentuhan ibu dan bayi akan merangsang hormon tersebut sehingga menjadi kunci bagi seorang ibu berbahagia.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa hormon oksitosin menurunkan kecemasan dan menaikkan kadar kebahagiaan. Begitu ibu bahagia, maka dia akan memahami kebutuhan bayi dan lingkungan.

"Setelah proses menyusui selama 3 bulan, kebahagiaan akan terpancar dari ibu sendiri secara otomatis. Bahkan, ini berlaku untuk ibu adopsi yang tidak menyusui. Dengan sering menyentuh saja bayinya, meletakkan bayi di dada ibu secara terus menerus, akan muncul hormon keibuan. Proses skin to skin ibu dan anak juga sangat berguna," jelasnya.

Setelah sukses memberikan ASI selama 6 bulan, maka orang tua dapat melanjutkan dengan pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI.

Agar sukses memberikan MPASI, Tiwi menyampaikan hal paling sederhana yaitu bayi dapat mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Misalnya memberi produk MPASI rasa soto dengan kandungan ayam dan nasi.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Sotheby's Akan Lelang Karya NFT Dalam Pelelangan Langsung

BERIKUTNYA

Sitkom How I Met Your Father Bagikan Kisah Cinta di Era Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: