Gunung Agung, Bali (Sumber gambar: Artem Beliaikin/Pexels)

Indonesia Terpililh sebagai Negara Terindah di Dunia

14 February 2022   |   15:22 WIB

Kecantikan ada pada mata yang melihatnya namun untuk mengukur nilai keindahan suatu objek yang luas, tentu akan ada bias. Hal yang sama juga berlaku untuk tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam. Meski demikian, sebuah studi yang dirilis oleh perusahaan asal Inggris money.co.uk tampaknya kredibel dan meyakinkan.

Ada setidaknya tujuh faktor yang digunakan dengan memperhitungkan antara lain eksistensi terumbu karang, pegunungan, dan taman nasional per 100.000 kilometer.

Hasilnya, dengan 17.000 pulau, 147 gunung berapi, terumbu karang serta hutan hujan yang tak terhitung nilainya, Indonesia terpilih sebagai negara dengan panorama alam terindah dunia.

Indonesia disusul oleh Selandia Baru yang juga terkenal dengan alamnya yang indah beserta jajaran pegunungan yang menakjubkan, gletser serta taman nasional yang luas.

Di peringkat ketiga ada Kolombia berkat keberadaan hutan Amazon yang kontras dengan pegunungan Andes dan Pantai Karibia.
 

Negara dengan panorama alam terindah di dunia. (Dok. money.co.uk)

Negara dengan panorama alam terindah di dunia. (Dok. money.co.uk)


1. Indonesia - Skor Keindahan Alam: 7,77 /10

Indonesia terpilih sebagai rumah bagi tempat-tempat kecantikan paling alami per 100.000 kilometer persegi. Negara kepulauan ini merupakan terdiri lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa, yang berarti memiliki lebih dari 50.000 kilometer garis pantai.

Di lepas pantai pulau-pulau ini, kalian akan menemukan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang, penuh dengan kehidupan, yang sebagian besar dapat dijelajahi dari provinsi populer Bali.

Beberapa tempat wisata alam paling populer di Indonesia antara lain hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan (termasuk cagar alam orangutan) serta sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.
 

2. Selandia Baru - Skor Keindahan Alam: 7,27 /10

Selandia Baru adalah rumah bagi perbukitan, puncak gunung yang tajam (termasuk Pegunungan Alpen Selatan) dan sejumlah gunung berapi aktif.

Negara ini juga memiliki gletser dengan luas lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjang, lebih dari 15.000 kilometer persegi. Dengan bentang alam yang sangat beragam, ribuan orang berduyun-duyun ke Selandia Baru untuk "mencicipi" keajaiban alamnya.

Seperti yang Genhype ketahui, ada banyak film dan acara TV yang memilih latar belakang alam Selandia Baru sebagai lokasi syuting untuk menggambarkan lokasi fiksi seperti Middle-earth dari The Lord of the Rings.
 

3. Kolombia - Skor Keindahan Alam: 7,16 /10

Kolombia berada di urutan ketiga dan seperti Indonesia dan Selandia Baru, di sini pengunjung dapat menelusuri garis pantai yang menakjublkan di sepanjang pantai Karibia.

Selain pantainya, Kolombia juga memiliki variasi lanskap yang tak kalah megah seperti pegunungan Andes hingga hutan hujan Amazon, yang merupakan rumah bagi 500.000 kilometer persegi hutan tropis.
 

Berikut 10 negara dengan panorama alam terindah di dunia (beserta skor)


1. Indonesia (7.77)
2. Selandia Baru (7.27)
3. Kolombia (7.16)
4. Tanzania (6.98)
5. Meksiko (6.96)
6. Kenya (6,7)
7. India (6,54)
8. Prancis (6.51)
9. Papua Nugini (6.39)
10. Komoro (6.22)



Editor: Gita
SEBELUMNYA

Ini 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

BERIKUTNYA

Segudang Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: