Koleksi terbaru sport bra Adidas. (Dok. Adidas Indonesia)

Ini Dampak Menggunakan Sport Bra yang Tidak Tepat Ketika Olahraga

11 February 2022   |   20:59 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ketika berolahraga, memakai pakaian yang tepat sangat penting agar tubuh kita tetap nyaman selama beraktivitas. Terlebih lagi untuk kaum perempuan, sport bra adalah tambahan pakaian olahraga yang sebaiknya digunakan untuk mengurangi dampak buruk pada payudara.

Dilansir Adidas Indonesia, penelitian menunjukkan bahwa payudara dapat mengalami peregangan kulit tanpa bra yang tepat dan ketidaknyamanan ini ternyata dialami secara luas oleh para perempuan yang sehari-hari berolahraga hingga para atlet elit dan dirasa dapat menghambat kinerja dan partisipasi mereka dalam olahraga.

Lembaga penelitian biomekanik payudara terkemuka, University of Portsmouth, mengemukakan bahwa jika tidak ditopang dengan benar selama berlari, payudara akan mengalami G-Force yang sama seperti pembalap F1 dan dapat mengalami peregangan kulit yang berpotensi merusak. 

Sementara itu, payudara yang tidak ditopang dapat bergerak hingga 19 centimeter saat melompat dan hampir setengah (46 persen) dari siswi yang disurvei melaporkan bahwa keadaan payudara mereka memengaruhi partisipasi mereka dalam olahraga.

Menurut Amy Charlton, Senior Director Product Adidas, ada kesenjangan data yang cukup besar dalam hal pengembangan sports bra.

"Kami bekerja dengan para ahli di bidang kesehatan payudara. Bersama dengan University of Portsmouth, kami mendorong inovasi untuk lebih memenuhi kebutuhan komunitas atletik perempuan," ujarnya.

(Baca juga: 6 Channel YouTube yang Seru untuk Olahraga di Rumah)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by adidas Women (@adidaswomen)


Didorong kepedulian terhadap kesehatan dan kenyamanan perempuan, Adidas meluncurkan serangkaian produk sports bra yang secara global hadir dalam 43 gaya di antara 18 waralaba produk.

"Ini adalah upaya yang signifikan dengan tim desainer, penguji, dan ahli yang semuanya perempuan, dan Adidas berharap koleksi ini akan membantu lebih banyak pemakai sports bra merasakan manfaat dari dukungan tambahan dan ukuran yang lebih pas, dan tidak tertahan saat melakukan olahraga yang mereka cintai," kata Charlton.

Selama ini dampak gerakan payudara dalam olahraga tidak sering dibahas dalam forum terbuka, Profesor Joanna Wakefield-Scurr, head of the Research Group in Breast Health di Universitas Portsmouth, menjelaskan topangan untuk payudara yang cukup selama olahraga sangat penting.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa atlet mungkin memerlukan jumlah penopang payudara yang sama selama power walking seperti yang mereka lakukan selama sprint, dan kurangnya topangan dalam kesehatan payudara berpotensi menyebabkan kerusakan permanen.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by adidas (@adidas)


Menggunakan bahan dan inovasi desain terbaru, koleksi baru ini menampilkan Everyday Bra yang dirancang untuk bersantai dan gerakan ringan, Studio Bra untuk yoga, pilates, dan olahraga dengan intensitas rendah hingga menengah lainnya, Train Bra yang dirancang untuk memberikan dukungan yang ditingkatkan selama kelas HIIT dan olahraga atau latihan lain yang lebih intens, dan Run bra yang menawarkan dukungan payudara tingkat tertinggi dalam koleksinya.

Adapun, produk utama dari koleksi ini di antaranya:
  • Coreflow Luxe Studio Medium Support Bra: Menggunakan bahan adidas adisoft baru dan hasil akhir jahitan yang ramping dan terikat , bra ini memberikan kenyamanan bahkan pada saat pertama kali dikenakan untuk berolahraga di studio.
  • Powerimpact Luxe Training Medium Support Bra: Dengan potongan leher tinggi, bra ini menawarkan topangan ekstra dan dukungan sedang untuk melakukan berbagai gerakan.
  • Fast Impact Luxe Run High Support Bra: Dirancang untuk memberikan dukungan tinggi saat berlari, bra ini mencakup penyesuaian 360° yang memungkinkan atlet mengontrol penuh untuk menyesuaikan kecocokan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Bumil dan Busui, Jangan Ragu untuk Divaksin ya!

BERIKUTNYA

Tinder Luncurkan Fitur Kencan Buta Virtual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: