Ilustrasi (dok. Pexels)

Segera Tes Covid-19 Jika Temukan Gejala dan Kondisi Ini

11 February 2022   |   19:43 WIB

Perhatian terhadap gejala Covid-19 harus ditingkatkan karena kasus varian Omicron terus bertambah. Sayangnya, seseorang kadang abai dan menganggap gejala yang dialaminya bukan Covid-19. Padahal jika ada gejala yang menyerupai, Genhype sebaiknya segera melakukan tes Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RA Adaninggar, menerangkan gejala Covid-19 memang mirip dengan flu seperti demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, malaise, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Gejala lain yang bisa terjadi yakni sesak napas, anosmia, disgeusia, kemerahan kulit, mata merah, mual, muntah, diare, penurunan kesadaran, nyeri dada.

“Secara umum, tidak ada gejala khas pada Covid-19, bisa mirip penyakit infeksi lain,” ujar dokter yang karib disapa Ning itu, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Jumat (11/2/2022).

Dia menyebut gejala-gejala tersebut muncul dalam 2-4 hari. Kata Ning gejala Covid-19 saat ini sebagian besar sangat ringan atau ringan sehingga seirng diabaikan atau dianggap sakit biasa. 

(Baca juga: Perhatikan Perbedaan Gejala Flu Biasa dengan Omicron)

Oleh karena itu, dia meminta agar kita jangan lengah. Ketika gejala muncul, kamu harus segera melakukan tes Covid-19 dan melakukan isolasi ya. 

“Kecurigaan hanya bisa dipastikan dengan melakukan tes Covid-19. Jangan takut tes untuk melindungi diri sendiri dan orang sekitar termasuk keluarga. Bila tidak memungkinkan tes, anggap positif Covid dan lakukan isolasi dengan benar,” tegas Ning.

Tes Covid-19 dan isolasi mandiri juga wajib buat kamu yang kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif atau probabel Covid-19. Kemudian bepergian ke daerah yang tinggi penularannya, melakukan aktivitas berisiko seperti masuk ke kegiatan dalam kerumunan, hingga bekerja di tempat yang tinggi penularan.  

“Jangan egois, jangan abai, mari jujur, empati, dan mengendalikan diri,” tegas Ning. 


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Goethe-Institut Adakan Festival Film Kinofest

BERIKUTNYA

Dorong Kesadaran Keamanan Siber, Protergo Kenalkan Cyber Security Hub

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: