sumber gambar: Goethe-Institut

Goethe-Institut Adakan Festival Film Kinofest

11 February 2022   |   17:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Goethe-Institut meluncurkan festival film bertajuk Kinofest. Diselenggarakan secara daring pada 18 Februari – 31 Maret 2022, festival ini menampilkan film-film yang berasal dari Jerman. Total terdapat 12 film yang ada diputar di 8 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Menurut rilis yang diterima oleh Hypeabis.id, film-film yang dapat disaksikan memiliki beragam genre, dari petualangan, drama, thriller, romansa, sampai dengan dokumenter. Film-film yang berada dalam festival itu juga sebagian adalah film-film keluaran 2020 dan 2021.

Pada ajang tahun ini, penyelenggara menjadikan kota sebagai subjek sinematik dalam seleksi film-film yang akan ditayangkan dalam festival. Kinofest secara keseluruhan fokus pada film-film gemilang dari karya sastra.

Film-film hasil adaptasi dari karya-karya sastra tersebut antara lain film Fabian: Going to the Dogs (2021). Film ini disutradarai oleh sutradara Dominik Graf.

Film yang rilis pada 2021 tersebut merupakan film bergenre drama yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama karya pengarang berpengaruh Erich Kästner yang mengambil set di Berlin pada tahun 1930-an.

(Baca juga: Festival Sinema Australia Indonesia 2022 Tayangkan 7 Film Pilihan)

Kemudian ada juga Berlin Alexanderplatz (2020), film yang disutradarai oleh sutradara Burhan Qurbani ini merupakan versi film dari novel klasik Alfred Döblin.

Film ini bercerita tentang seorang pengungsi yang tiba di Berlin dengan membawa harapan besar, dan bersumpah akan menjadi orang baik. Namun diadang oleh lingkungan kota dan keadaan.

Selanjutnya Die Vermessung der Welt (2012) film yang  disutradarai oleh Detlev Buck. Film ini menampilkan kehidupan ahli matematika Carl Friedrich Gauß dan naturalis Alexander von Humboldt berdasarkan novel sastra karya Daniel Kehlmann (2005).  

Adapun film Schachnovelle (2021) merupakan film adaptasi dari novel Schachnovelle karya Stefan Zweig yang disutradarai oleh Phillip Stölzl. Melalui film ini, Genhype dapat melihat aktor Albrecht Schuch sebagai penyiksa notaris Joseph Bartok, yang dikenakan tahanan isolasi dan diperankan oleh Oliver Masucci.

Kinofest juga menyediakan film dokumenter dalam program yang menunjukkan seluruh rentang gaya narasi yang dimungkinkan dalam genre ini: The Cleaners (2017) oleh Hans Block dan Moritz Riesewieck, Dear Future Children (2021) oleh Franz Böhm, dan Herr Bachmann und seine Klasse (2021) oleh Maria Speth, sebuah film yang meraih Jury Award pada Berlinale ke-71 tahun lalu.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Begini Cara Dapatkan Obat Gratis untuk Pasien Positif Omicron

BERIKUTNYA

Segera Tes Covid-19 Jika Temukan Gejala dan Kondisi Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: