Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash)

Permudah Belanja Saham, Kaesang Promosikan Aplikasi Saham Rakyat

08 February 2022   |   21:59 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Keinginan generasi muda untuk berinvestasi saat ini makin meningkat, bahkan tak sedikit yang mulai berinvestasi di instrumen saham. Namun, agar investasinya bisa menghasilkan cuan, para calon investor tidak boleh asal sebab banyak hal yang harus dipelajari, terutama dalam hal teknis dan fundamental.

Nah, untuk menyosialisasikan cara berinvestasi di pasar saham, Kaesang Pangarep dan Kevin Hendrawan membentuk komunitas Saham Rakyat yang kemudian dikembangkan dalam bentuk Aplikasi Saham Rakyat by Samuel Sekuritas Indonesia (Saham Rakyat).

Aplikasi ini menargetkan pertumbuhan investor ritel Indonesia dengan mensosialisasikan cara belanja saham mudah melalui peluncuran aplikasi tersebut untuk ponsel pintar hari ini.

Kevin Hendrawan, Founder Komunitas Saham Rakyat, menyatakan aplikasi Saham Rakyat by Samuel Sekuritas diharapkan dapat membuat minat belanja saham investor ritel meningkat sehingga anggota komunitas sekaligus pengguna aplikasinya menjadi 1 juta investor ritel pada akhir tahun ini.

Saat ini, jumlah anggota komunitas Saham Rakyat sekitar 160.000 investor ritel. Menurutnya, banyak investor pemula yang berubah menjadi trader atau pelaku pasar saham harian. Trading saham, tuturnya, dapat membuat trader mendapatkan kesempatan untuk meraih untung karena pergerakan harga saham yang cukup fluktuatif.

“Untuk memastikan keamanan aset dan transaksi, trading saham yang digunakan perlu tersertifikasi dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujar Kevinnya.

Aplikasi Saham Rakyat by Samuel Sekuritas saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store dan Google Play Store mulai hari ini (8 Februari 2022). Aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan kampanye #DariAwamJadiPaham, aplikasi itu menyederhanakan penggunaan bahasa pasar saham agar lebih mudah dipahami para first-time traders.

“Investasi saham menjadi salah satu cara berinvestasi yang aman dan menguntungkan, melalui aplikasi ini, Saham Rakyat ingin menghapus stigma bahwa investasi saham itu rumit dipahami karena bahasa yang njelimet,” ucap Kaesang Pangarep, Brand Ambassador Saham Rakyat.

Dia juga berharap melalui aplikasi ini, para warga cuan (sebutan untuk para pengguna aplikasi) bisa berkenalan dengan saham, belajar, dan berinvestasi saham dengan aman.

Menurut dia, pasar saham mendapatkan momentumnya di kalangan generasi muda selama 2 tahun terakhir. Berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center, sebanyak 41,3 persen generasi milenial mengaku mulai membeli saham dalam 1-2 tahun terakhir. Sebanyak 48,1 persen kelompok usia Gen-Z juga mengaku telah membeli saham kurang dari 1 tahun terakhir.

Aplikasi Saham Rakyat memiliki berbagai fitur penting untuk mendukung kegiatan belanja saham para penggunanya, antara lain fitur saham favorite, fitur group chat, fitur keranjang belanja, fitur chat bantuan di dalam aplikasi, dan terutama fitur jual beli yang sangat mudah.

Fitur jual beli tersebut memungkinkan pengguna yang masih awam untuk bisa belanja saham tanpa perlu pusing memikirkan bid/offer karena harga yang ditampilkan adalah harga pasar ter-update. Posisi tersebut memungkinkan pengguna bisa langsung mendapatkan saham tersebut tanpa antre.

Fitur jual beli tersebut juga tidak membatasi adanya minimum saldo sehingga pengguna Saham Rakyat juga dapat mengatur sendiri nilai investasi saham awal yang ingin digunakan untuk berinvestasi.


Editor: Gita
 
SEBELUMNYA

Kenneth Branagh Pecahkan Rekor Oscar dengan 7 Nominasi di Kategori Berbeda

BERIKUTNYA

MSG Bikin Obesitas? Begini Faktanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: