The Call (kiri), Goedam (kanan atas), Sweet Home (Dok. Netflix)

5 Film & Serial Horor Korea Ini Bisa Jadi Ajang Uji Nyali

07 February 2022   |   21:49 WIB

Genhype suka dengan uji nyali? Kalau biasanya uji nyali umumnya dilakukan dengan bermain ke rumah hantu di dalam wahana permainan, kini ada cara lain yang lebih mudah dilakukan di rumah: menonton film dan serial menegangkan dengan aliran horor atau thriller.

Tayangan film dan serial horor Korea Selatan memiliki ciri khas pada kisahnya yang menarik dan tingkat ketegangan yang tidak terduga. Bervariasi dari zombie, pembunuh berantai, hingga hantu, ini 5 rekomendasi film dan serial Korea yang bikin merinding.

 

1. Goedam (2020)

 

Goedam. (Dok. Netflix)

Goedam. (Dok. Netflix)

Genhype suka dengan tayangan horor supernatural berupa hantu? Salah satu rekomendasi serial yang bisa ditonton adalah Goedam. Hadir dengan 8 episode berdurasi 8-15 menit, Goedam bercerita tentang berbagai mitos dan legenda urban menyeramkan di Korea Selatan. Lokasinya bermacam-macam, mulai dari toilet sekolah hingga jalan raya.

Serial ini cocok untuk Genhype yang menikmati konsep horor supernatural dengan tipe legenda urban, mirip dengan beberapa film lain seperti The Mimic (2017) dan Horror Stories (2012).
 

2. The Call (2020)


Film Korea dengan konsep lintas waktu ini mengambil kisah Seo-yeon (Park Shin-hye) yang menerima telepon dari Young-sook (Jeon Jong-seo) yang hidup pada tahun 1999. Awalnya mereka adalah teman baik, tapi ketika masa depan terungkap dan masa lalu diubah semua akhirnya menjadi kacau balau.

Menariknya, film ini cocok untuk mereka yang memiliki ketertarikan pada film-film dengan ketegangan pembunuh berantai, serupa dengan film I Saw the Devil (2010) dan Bluebeard (2017).

 

3. Sweet Home (2020)


Lain lagi dengan Sweet Home, serial horor berkonsep monster yang diadaptasi dari komik webtoon berjudul sama. Serial ini melihat fenomena manusia yang berubah menjadi monster dikarenakan suatu hal yang ada di dalam tubuh setiap individu yang terinfeksi. Rilis pada 2020, serial yang dibintangi oleh Song Kang dan Lee Do-hyun ini menghadirkan CGI yang menambah kengerian.

Meski film horor monster entitas tidak banyak, film berkonsep serupa yang bisa diikuti selain ini adalah The Host (2006) dan Thirst (2009).

 

4. Hellbound (2021)


Salah satu serial Korea yang baru-baru ini menyita perhatian publik adalah Hellbound. Berkonsep entitas misterius yang membawa manusia ke neraka, Hellbound menghadirkan ketegangan karena kehadirannya yang mengejutkan dan kekacauan supernatural yang disebabkannya. Bersamaan dengan kehadiran entitas bertubuh besar dan berwarna hitam, ada juga kisah kekacauan berlatar religius di dalamnya.

Konsep entitas supernatural seperti ini tidak banyak dijumpai di industri hiburan Korea, tapi tayangan seperti Save Me (2017) dan The 8th Night (2021) bisa jadi alternatif tayangan dengan konsep serupa.

 

5. All of Us Are Dead (2022)


Jika Genhype penggemar tayangan horor berkonsep zombie, maka All of Us Are Dead yang baru-baru ini tayang pada akhir Januari 2022 bisa ditonton lho! Serial dengan 12 episode ini menghadirkan kisah para remaja SMA yang harus bertahan hidup di dalam sekolahnya setelah virus zombie menyebar di sana. Menariknya, zombie di serial ini lebih agresif dan sensitif terhadap suara.

Beberapa tayangan lain yang juga menghadirkan konsep horor zombie adalah serial drama Kingdom (2019-2020), serial film Train to Busan (2016, 2020), serta #Alive (2020).

Selain 5 tayangan ini, beberapa film dan serial yang direkomendasikan untuk ditonton adalah Strangers from Hell (2019), Master's Sun (2013), A Tale of Two Sisters (2003), The Wailing (2016), dan Gonjiam: Haunted Asylum (2018).


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Pelaku Kuliner, Yuk Gabung Bersama AirAsia Food

BERIKUTNYA

Nikmati Keheningan Nyepi di Bali dengan Pilihan Hotel Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: