Film Kukira Kau Rumah (Dok. MD Pictures)

5 Fakta Menarik Film Kukira Kau Rumah yang Disutradarai Umay Shahab

07 February 2022   |   10:34 WIB

Salah satu film Indonesia yang mendapatkan antusiasme besar dari penonton adalah Kukira Kau Rumah. Hanya dalam tiga hari penayangannya, film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata ini telah ditonton oleh lebih dari 400.000 penonton di bioskop.

Disutradarai oleh Umay Shahab, Kukira Kau Rumah berkisah tentang Pram (Jourdy Pranata), seorang pemuda yang kerap merasa kesepian karena tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Namun, hidupnya berubah saat bertemu dengan Niskala (Prilly Latuconsina), seorang gadis bipolar yang sering mengalami perubahan suasana hati secara drastis. Dalam ketidakseimbangan hidup yang mereka lalui, justru mereka menemukan keseimbangan saat saling mengisi satu sama lain. 

Bagi kamu yang penasaran dengan filmnya, yuk simak 5 fakta menarik dari film Kukira Kau Rumah.


1. Adaptasi lagu


Kukira Kau Rumah merupakan film adaptasi dari lagu band Amigdala dengan judul yang sama. Seperti judulnya, lagu tersebut bercerita tentang seseorang yang tak pernah sungguh-sungguh menemani kekasihnya.

Skenario film ini ditulis oleh Umay Shahab yang juga bertindak sebagai sutradara, bersama dengan Monty Tiwa, dan Imam Salimy. 


2. Angkat cerita tentang gangguan mental bipolar


Menariknya, film yang diproduksi MD Pictures dengan Sinemaku Pictures ini mengusung tema psikologis dengan mengangkat isu tentang kesehatan mental.

Prilly Latuconsina memerankan seorang perempuan bernama Niskala yang mengidap gangguan kesehatan mental bipolar. Karena gangguan kesehatan mentalnya itu, dia dijaga ketat oleh orangtua dan temannya sampai akhirnya kehidupan Niskala berubah setelah bertemu dengan Pram.

Dalam cuitan di Twitter, Prilly mengatakan film ini mengajak semua orang untuk tidak menyepelekan isu kesehatan mental yang dialami diri sendiri ataupun orang lain.

"Dari film Kukira Kau Rumah aku ingin menyampaikan bahwa jangan pernah kita menyepelekan kesehatan mental diri kita maupun orang lain. Apalagi dijadikan bahan candaan. Kita gak pernah tau apa yang orang lewati," kata Prilly.
 

V

Poster film Kukira Kau Rumah (Dok. MD Pictures)


3. Debut Umay Shahab sebagai sutradara


Film ini merupakan debut Umay Shahab sebagai sutradara. Dia menggarap film ini ketika umurnya masih 19 tahun. Sebelum menjadi sutradara, Umay dikenal sebagai artis cilik.

Dia juga diketahui telah membintangi sederet film di antaranya The Tarix Jabrix 2 (2009), Heart Beat (2015), Rompis (2018), Pohon Terkenal (2019), Danur 3: Sunyaruri (2019), Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020), dan Sejuta Sayang Untuknya (2020).

Selain menjadi aktor, dia juga memiliki kemampuan bernyanyi yang dibuktikan dengan beberapa penghargaan seperti Penghargaan Anugerah Musik Indoneisa untuk Album Lagu anak-anak terbaik tahun 2011 dan Penghargaan Anugerah Musik Indonesia sebagai artis solo laki-laki anak terbaik tahun 2012.
 

4. Debut Prilly Latuconsina sebagai produser


Tak hanya berperan sebagai karakter utama, film Kukira Kau Rumah juga menjadi debut Prilly sebagai produser. Artis satu ini memang dikenal sebagai yang serba bisa. Selain menggeluti dunia peran, Prilly juga diketahui merupaka seorang penyanyi, model, penulis, aktivis, bahkan pengusaha dengan sederet bisnis.

Setelah sukses menjadi produser di film Kukira Kau Rumah, Prilly pun akan kembali memproduseri sebuah serial orisinil dari TrueID berjudul "Hari Ini Kenapa, Naira?" bersama Umay Shahab.


5. Masuk 30 besar Festival Film Indonesia (FFI) 2021


Sebelum tayang di bioskop, film Kukira Kau Rumah menjadi salah satu film yang masuk 30 seleksi awal FFI 2021. Selain itu, film ini juga telah tayang lebih dulu di ajang penghargaan film Jogja-NETPAC Asian Film Festival.
 



Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

6 Hidden Gem Kafe Outdoor di Jakarta Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

BERIKUTNYA

Cek Nih, 5 Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: