Teluk Kiluan (Dok. Hypeabis.id/Luke Andaresta

Teluk Kiluan, Surga Wisata Bahari Tersembunyi di Lampung

04 February 2022   |   08:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika Genhype adalah pelancong sejati, tak afdol kalau belum mengunjungi salah satu destinasi wisata outdoor yang berada di Provinsi Lampung yakni Teluk Kiluan. Meski namanya tak sepopuler Pantai Pahawang, destinasi satu ini nyatanya menyimpan banyak wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Untuk akses menuju ke Teluk Kiluan juga terbilang cukup mudah. Jika datang dari Jakarta, kalian bisa naik transportasi umum seperti bus menuju Pelabuhan Merak. Setelah menyeberang, carilah travel di sekitar Pelabuhan Bakauheni yang biasanya banyak tersedia untuk diarahkan menuju Teluk Kiluan.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil juga lebih seru lagi. Pasalnya, di sepanjang perjalanan menuju ke Teluk Kiluan, turis akan melewati jalan perbukitan dengan pemandangan pantai dan perkebunan di samping kanan kirinya. 
 

c

Pantai Pasir Putih di Teluk Kiluan (Dok. Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Sesampainya di Teluk Kiluan, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi populer seperti Pulau Kiluan, Pasir Putih, Gigi Hiu, Laguna, atraksi lumba-lumba, dan memancing.

Salah satu wisata yang menjadi andalan di Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba. Kalian bisa melihat atraksi hewan laut yang hidup berkelompok ini langsung di tengah laut bersama pemandu yang akan mengantarmu. Jika beruntung, kita bisa melihat puluhan lumba-lumba berenang bebas dan melompat yang bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Agar memudahkan, sebaiknya sudah memesan paket wisata tersebut beberapa hari sebelum keberangkatan melalui agen-agen yang ada di sosial media seperti Instagram. Jika tidak, juga bisa mendatangi beberapa pemilik homestay dan pengelola wisata yang ada di sana.
 

v

Laguna Gayau di Teluk Kiluan (Dok. Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Meski terdengar seperti wisata pantai pada umumnya, turis akan merasakan atmosfer yang berbeda saat berada di Teluk Kiluan. Hamparan pasir putih dan air yang bening, membuat siapapun yang datang betah berlama-lama untuk menikmati pemandangan yang indah.

Pantai yang tersebar di beberapa pulau kecil, membuat siapapun tertantang untuk menjelajahinya. Ditambah, kondisi pantai-pantai di Teluk Kiluan terbilang masih asri karena masih terjaga alamnya. 

Oleh karena itu, tak heran jika menyebut Teluk Kiluan adalah surga wisata bahari di Lampung. Destinasi wisata satu ini bisa menjadi pilihanmu untuk rileks setelah sibuk bekerja atau beraktivitas di kota besar. Meski begitu, jangan lupa harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat ya.

(Baca juga: 10 Rekomendasi Wisata Outdoor yang Wajib Masuk Bucket List)
 

f

Pulau Kiluan di Teluk Kiluan (Dok. Hypeabis.id/Luke Andaresta)

 

Pulau Kiluan di Teluk Kiluan (Dok. Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Satu hal yang tak kalah menarik dari Teluk Kiluan adalah masyarakatnya yang tak sepenuhnya warga asli Lampung. Genhype akan melihat bahwa masyarakat Teluk Kiluan terdiri dari beberapa suku seperti Bali dan Jawa yang merupakan masyarakat transmigrasi serta warga asli Lampung.

Jadi jangan heran kalau kalian akan melihat beberapa pura cantik yang berdiri di pinggir jalan saat berada di Teluk Kiluan. Gimana Genhype sudah tertarik untuk ke Teluk Kiluan?


Editor: Gita

SEBELUMNYA

World Hijab Day, Ribuan Salon Siap Tangani Rambut Lepek Hingga Rontok

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis Film Akad yang DIbintangi Kevin Julio & Indah Permatasari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: