Ilustrasi (Sumber gambar: Kereta Api Indonesia)

Lansia dan Wartawan Dapat Diskon Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Yuk Simak Caranya!

31 January 2022   |   15:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang hendak berjalan-jalan bersama keluarga, dan juga membawa kakek dan nenek, PT Kereta Api Indonesia memberikan diskon menarik. KAI memberlakukan pengurangan tarif tiket kereta api jarak jauh sebesar 20 persen bagi kelompok pelanggan yang telah berusia 60 tahun atau lebih.

Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menuturkan program reduksi tarif tiket moda transportasi berbasis rel tersebut berlaku untuk semua kelas kereta api jarak jauh dan juga program itu berlaku setiap hari. “KAI memberikan reduksi tarif tersebut sebagai apresiasi bagi pelanggan dalam menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap program tersebut juga dapat membantu masyarakat yang ingin bepergian dengan tarif yang lebih terjangkau. Selain kelompok pelanggan dengan usia 60 tahun atau lebih, terdapat juga kelompok pelanggan lain yang dapat memperoleh program pengurangan tarif kereta api jarak jauh. Kelompok-kelompok tersebut antara lain, LVRI, TNI, Polri, dan wartawan.

Potongan tarif kereta api jarak jauh antara satu kelompok dengan kelompok lainnya berbeda-beda satu sama lain. Calon pelanggan yang hendak memanfaatkan tarif potongan tarif harus melakukan registrasi di customer service stasiun atau loket stasiun jika di stasiun tersebut tidak memiliki layanan customer service.

Kemudian, calon pelanggan membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku. Bagi lansia, dokumen yang harus ditunjukkan adalah KTP asli dari calon pelanggan. Registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan yaitu membawa pas foto terbaru pelanggan yang akan didaftarkan. Registrasi dilakukan paling lambat 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Registrasi tersebut cukup dilakukan sekali saja sampai berakhirnya masa reduksi pelanggan yang bersangkutan. Jika masa reduksi sudah habis dan menginginkan hak reduksi kembali, calon pelanggan melakukan regsitrasi ulang.

Pelanggan yang telah mendaftarkan hak reduksi dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui KAI Access maupun di loket stasiun. Pada saat hari keberangkatan, pastikan pelanggan menunjukkan bukti identitas asli sesuai dengan hak reduksinya kepada petugas boarding


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Berawal dari Pandemi, Intip Kisah Chepi Aulia Rintis Usaha Chicken Union

BERIKUTNYA

7 Drama China Seru yang Asyik Ditonton Saat Liburan Imlek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: