Teluk Hijau di Banyuwangi (Dok. Taman Nasional Meru Betiri)

10 Rekomendasi Wisata Outdoor yang Wajib Masuk Bucket List

19 January 2022   |   16:36 WIB

Dengan mulai longgarnya pembatasan sosial pandemi Covid-19, saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai bepergian ke luar kota bahkan luar negeri. Tak seperti tahun sebelumnya, tampaknya di tahun ini banyak orang yang telah menyusun rencana untuk liburan.

Agar perjalanan lebih nyaman dan bebas stres, wisata outdoor masih menjadi opsi terbaik yang bisa Genhype pilih. Kalian bisa mencari daerah-daerah dengan panorama alam yang memukau yang ada di dalam negeri. Jangan lupa ajak pasangan atau seluruh anggota keluarga untuk melepas penat.

Supaya kalian enggak bingung, berikut adalah 10 rekomendasi wisata outdoor yang bisa dikunjungi menurut Pegipegi.
 

1. Pantai Bias Tugel (Bali)

Bicara soal wisata, Bali memang tidak akan pernah kehilangan pesonanya, khususnya untuk para pecinta pantai. Meski jauh dari pusat keramaian seperti Pantai Kuta, Pantai Bias Tugel yang ada di Padangbai, Kabupaten Karangasem juga memiliki pesona yang tidak terbantahkan.

Pantai ini terbilang belum begitu populer di telinga para wisatawan. Namun, dengan perpaduan lautnya yang berwarna agak kehijauan dengan pasir putih yang membentang, maka tak lengkap rasanya jika wisatawan datang ke Bali tanpa mengunjungi pantai satu ini.
 

2. Pantai Nambung (NTB)

Dikenal juga dengan nama Tanjung Jagog, Pantai Nambung berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Selain hamparan pasir putih dengan ombak yang berkejaran, ada satu objek unik yang membuat Pantai Nambung berbeda, yakni air terjun dengan air asin bernama Air Terjun Asin Tanjung Jagog.
 

3. Taman Nasional Meru Betiri (Jawa Timur)

Terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur ,Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman nasional yang memiliki topografi beragam. Ada lima ekosistem yang bisa dilihat langsung di sini, termasuk hutan hujan tropis, hutan payau, hutan pantai, hutan rawa, dan hutan reofit.

Selain bunga padmosari yang jadi flora endemiknya, di dalam kawasan taman nasional juga terdapat 500 lebih jenis tanaman obat yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sumber penghidupan.
 

Salah satu pemandangan di Teluk Kiluan, Lampung (Dok. Teluk Kiluan Instagram)

Salah satu pemandangan di Teluk Kiluan, Lampung (Dok. Teluk Kiluan Instagram)

4. Pulau Labengki (Sulawesi Tenggara)

Sulawesi sejak dulu memang terkenal dengan wisata bahari, terutama alam bawah lautnya yang memesona. Pulau Labengki, misalnya, adalah salah satu pulau dengan panorama lautan terbaik di Sulawesi Tenggara.

Pulau ini memiliki beberapa gugusan pulau lain yakni Labengki Besar, Labengki Kecil, dan beberapa pulau kecil lainnya. Namun, di antara semua pulau yang ada di Taman Wisata Alam Teluk Lasolo, Labengki Besar merupakan pulau yang paling besar.

Untuk bisa bebas menikmati pemandangan laut biru dengan hutan hijau di sekelilingnya, kalian bisa menyewa salah satu penginapan yang ada di sana.
 

5. Gili Putih Sumberkima (Pulau Menjangan)

Gili Putih Sumberkima sebenarnya merupakan hamparan pasir di tengah laut yang biasa disinggahi saat wisatawan akan ke Pulau Menjangan. Seiring berjalannya waktu, hamparan pasir ini menjadi makin luas dan menyerupai pulau kecil. Selain jadi tempat memancing, wisatawan juga kerap berkunjung ke destinasi menarik ini.
 

6. Pantai Ora, Maluku

Disebut sebagai kepingan surga di Maluku, Pantai Ora harus ditempuh dengan perjalanan darat, laut, dan udara. Dari Jakarta, pengunjung membutuh waktu kurang lebih 10 jam perjalanan. Namun, lamanya perjalanan akan terbayar dengan pemandangan laut yang jernih dikelilingi oleh perbukitan hijaunya.

Karena perjalanan cukup jauh, tidak lengkap rasanya kalau tidak menginap di sini. Ada banyak opsi resor hingga penginapan menarik yang bisa kalian temukan di sini.
 

7. Teluk Hijau Banyuwangi (Jawa Timur)

Teluk Hijau atau Green Bay yang berada di Banyuwangi mungkin belum begitu populer di telinga para wisatawan. Namun, itulah alasan kenapa teluk ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi tahun ini. Salah satu yang menarik dari objek wisata ini adalah pemandangan teluk dengan warna hijau karena alga yang hidup di dalamnya.
 

Pemandangan di Gili Putih Sumberkima (Dok. Gili Putih Sumberkima Instagram)

Pemandangan di Gili Putih Sumberkima (Dok. Gili Putih Sumberkima Instagram)

8. Teluk Kiluan (Lampung)

Buat Genhype yang berencana liburan ke Lampung, pastikan Teluk Kiluan menjadi salah satu tujuannya. Berada di Kabupaten Tanggamus, Teluk Kiluan menjadi rumah bagi banyak destinasi wisata alam termasuk Pantai Mutun, Puncak Mas Lampung, hingga Laguna Dodo dan Laguna Gayau.

Setelah berbulan-bulan harus membatasi aktivitas di luar ruangan, destinasi wisata Teluk Kiluan bisa jadi obat yang mujarab untuk melepas penat.
 

9. Air Terjun Coklak (Jawa Timur)

Selain tebing-tebing yang cantik, Air Terjun Coklak yang berada di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini memiliki air yang berwarna-warni. Karena lokasinya yang jauh dari jalan utama, kalian harus benar-benar fit untuk bisa sampai ke sana. Namun, semua perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan.
 

10. Kepulauan Kei (Maluku)

Berada di sebelah tenggara Kepulauan Maluku, Kepulauan Kei secara administratif masih termasuk Provinsi Maluku. Memiliki luas 1.400 kilometer persegi lebih, Kepulauan Kei terdiri dari pulau-pulau cantik yang alamnya masih asri.  Disini kita bisa melihat danau, pantai, gunung, dan tentu saja garis pantai yang menawan di tempat ini.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Honda Kembali Tantang Para Gamers di Brio Virtual Drift Challenge Seri 5

BERIKUTNYA

Kena Omicon, Kapan Waktu yang Pas Buat Booster?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: