Game Persona 4 (dok. Steam)

Unik Nih, Ada Game Persona 4 Versi Game Boy Klasik 

03 February 2022   |   18:43 WIB

Dalam industri gim, proses pembuatan kembali gim-gim klasik berupa dalam bentuk remake ataupun remastered bukan hal yang asing. Upaya ini dilakukan biasanya dengan menghadirkan permainan yang sama tapi memiliki grafik dan detail yang lebih baik. 

Kendati judul-judul remake maupun remastered gim cukup populer dan diminati para pemain gim, proyek sebaliknya yang disebut demake juga tak kalah menarik. Ini tidak secara harfiah diartikan sebagai proyek pembuatan gim dengan grafik yang lebih buruk. 

Demake dibuat biasanya untuk menyajikan judul permainan yang lebih baru dalam tampilan klasik yang memiliki nilai dan ciri khas tersendiri. Salah satu proyek terbaru yang muncul adalah demake Game Boy Persona 4. 

Proyek tersebut dibuat oleh pemain dan konten kreator gim dengan akun Twitter SeanSS. Judul yang di-demake adalah salah satu gim paling populer yang dirilis di platform PlayStation 2 dan Microsoft Windows yakni Persona 4, dan dikembangkan dalam bentuk Game Boy. 
SeanSS mengerjakan proyek tersebut menggunakan mesin GB Studio gratis. Dia menjabarkan bahwa ini merupakan proyek perdananya menggunakan tools tersebut dan hasilnya sudah bisa dimainkan oleh pengguna dalam bentuk demo. 

Dia mengatakan pada awalnya tujuan yang ingin dicapainya adalah  untuk membuat demake Persona 4 Game Boy selengkap-lengkapnya, menghadirkan seluruh karakter dan seluruh cerita yang ada di platform aslinya. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak mudah dilakukan. Oleh karenanya, dia tidak bisa berjanji akan meneruskan versi demo Persona 4 yang telah digarapnya. Sementara itu, ke depannya ada kemungkinan dia akan membuat demake Persona 5 di GB Studio 3.0 yang punya fitur lebih baik. 

Sebagai informasi, bila remake atau remastered biasanya dibuat oleh studi dan pengembang gim aslinya, proyek demake umumnya dibuat oleh para penggemar jadi tidak bersifat resmi. Beberapa proyek demake yang menarik antara lain Demon Soul oleh Christopher Pariano dan Sea of Thieves oleh Voxy. 

Editor : Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Selain Tiffany & Co. dan Cartier, Ini Merek Perhiasan Termahal Di Dunia

BERIKUTNYA

Ssamjang Attack, Cita Rasa Ala Korea dari Wingstop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: