Ilustrasi aplikasi Sekolah Enuma (Dok. Enuma)

Enuma Rilis Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Pendamping Belajar Siswa

02 February 2022   |   14:15 WIB

Aplikasi daring untuk anak enggak selamanya harus bertujuan sebagai sarana hiburan, tapi juga bisa sebagai sarana tambahan yang mendampingi si kecil selama melakukan pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring. Salah satu contohnya adalah aplikasi Sekolah Enuma yang ditujukan untuk anak-anak usia 5-9 tahun.

Sekolah Enuma merupakan aplikasi yang dirancang khusus anak-anak yang tengah menginjak pendidikan usia dini atau PAUD, di mana aplikasi yang dirancang oleh Enuma, Inc. ini memasukkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak dan nilai-nilai kearifan lokal yang dirancang oleh 60 orang dari berbagai pihak dari edukator hingga ilustrator.

Kehadiran aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan akses pendidikan tambahan seiring dengan adanya learning gap yang terjadi di kalangan siswa selama pandemi Covid-19, memudahkan anak-anak untuk belajar mandiri, dan meningkatkan literasi anak sejak dini dengan platform digital.

"Mengenalkan budaya literasi kepada anak usia dini menjadi bekal untuk membentuk karakter anak menjadi lebih kompetitif, cerdas, dan berempati. Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia hadir untuk mengisi kesempatan belajar anak yang hilang sekaligus menguatkan kualitas kegiatan literasi di seluruh nusantara dan mencetak generasi emas 2045," jelas Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek Muhammad Hasbi.

Tidak hanya dari Hasbi, Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Haris juga menyetujui pentingnya literasi dan kebiasaan membaca di masa kanak-kanak melalui ketersediaan akses membaca di rumah.

"Aplikasi ini dapat menjadi titik masuk yang baik karena dibuat seperti permainan, dan kemudian orang tua bisa mulai menambahkan majalah, cerita pendek, dongeng, atau apa pun yang ditujukan untuk menstimulasi imajinasi anak-anak," tambah Heri dalam acara peluncuran Sekolah Enuma baru-baru ini.
 

Tampilan aplikasi Sekolah Enuma. (Dok. Enuma)

Tampilan aplikasi Sekolah Enuma. (Dok. Enuma)

Sebagai aplikasi pembelajaran untuk anak, aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur yang menjadi kelebihan dalam menunjang pembelajaran, misalnya aksesnya yang mudah dengan penyediaannya secara gratis dan tidak adanya iklan yang mengganggu fokus anak. 

Tidak hanya itu, pendekatan aplikasi Sekolah Enuma yang menekankan pada aspek visual yang menarik melalui hadirnya karakter kartun dan warna-warna cerah juga menjadi kelebihan yang membedakan aplikasi Sekolah Enuma dengan aplikasi pembelajaran daring sejenis.

Untuk materinya sendiri, Sekolah Enuma menghadirkan ratusan permainan yang mendukung pembelajaran beberapa materi seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris; video edukasi dan informatif berkonsep interaktif dalam beberapa format, bervariasi dari live action hingga stop motion; dan buku berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang bisa hadir dalam format buku audio.

Dari 3 kategori utama variasi format materi, Sekolah Enuma setidaknya memiliki total lebih dari 1000 kegiatan belajar serta lebih dari 300 konten buku dan video yang bisa diakses dengan internet atau tanpa internet (untuk konten yang sudah diunduh lebih dahulu). Materinya bermacam-macam, ada pembelajaran abjad dan fonik, membaca, menulis, hingga memahami bacaan dan kemampuan menyimak.

Meski fungsi yang diutamakan adalah sebagai pendamping pembelajaran, Sekolah Enuma tetap menghadirkan penilaian dan evaluasi yang bisa menjadi ukuran pemahaman siswa terhadap materi yang diikutinya selama menggunakan aplikasi tersebut. Nantinya, penilaian ini bisa membantu proses pengulasan selanjutnya, bersamaan dengan latihan tambahan dan pendalaman untuk menguasai kurikulum yang belum dikuasai.

Bagi Genhype yang ingin mengunduh aplikasi Sekolah Enuma, pastikan kalian menyiapkan spesifikasi sistem minimal Android 5.1 atau iOS 12, kapasitas penyimpanan 16GB, memori 2GB, dan layar sebesar 6 inci.

Aplikasi Sekolah Enuma kini bisa diunduh secara langsung di Google Play Store, Apple Store, dan galeri pengunduhan aplikasi lainnya.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Peringatan Diabetes pada Kemasan Cola Efektif Edukasi Masyarakat

BERIKUTNYA

Jangan Kaget! Kini Seragam Baru Satpam Berwarna Krem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: