Warna baru seragam satuan pengamanan (Dok. Divisi Humas Polri)

Jangan Kaget! Kini Seragam Baru Satpam Berwarna Krem

02 February 2022   |   17:32 WIB

Kalau Genhype masih ingat, warna seragam satuan pengamanan (satpam) diganti dari putih-biru menjadi cokelat pada Oktober 2021. Warna yang sangat mirip dengan seragam polisi ini ternyata menuai banyak protes dari masyarakat sehingga seragam cokelat ini hanya bertahan kurang lebih enam bulan.

Hari ini, Rabu (2/2), bertepatan dengan HUT Ke-41 Satpam, Korbinmas Baharkam Polri secara resmi memperkenalkan warna baru seragam satuan pengamanan yang kini menjadi krem-cokelat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan menyampaikan alasan pihaknya mengganti lagi warna seragam satpam tersebut karena banyak masyarakat yang kesulitan membedakan mana satpam dan mana Polisi. 

"Jadi yang bingung itu masyarakat. Untuk membedakan itu, akhirnya seragam satpam warnanya dibuat lebih muda sedikit dari baju Polisi," ujarnya dalam keterangan resmi, seperti dilansir situs resmi Polri.
 

Warna baru seragam satuan pengamanan. (Dok. Divisi Humas Polri)

Warna baru seragam satuan pengamanan. (Dok. Divisi Humas Polri)

Perubahan warna seragam satpam tersebut juga telah diresmikan ke dalam Peraturan Polri sehingga ke depan tidak ada lagi yang menyamakan polisi dengan satpam karena warna seragam yang sama. Sebelumnya, banyak masyarakat yang merasa keberatan dengan kemiripan warna seragam polisi dengan satpam. 

Tidak sedikit pula yang menyayangkan perubahan ini karena masyarakat sudah begitu familiar dengan seragam putih-biru khas satpam. Di samping itu, Ramadhan juga mengatakan aturan warna seragam baru ini masih dalam proses pengkajian dan sosialisasi yang membutuhkan waktu selama satu tahun. 

Rencananya, warna seragam Satpam yang baru akan diperkenalkan secara resmi pada Hari Ulang Tahun Satpam pada 30 Desember 2022.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Enuma Rilis Aplikasi Pembelajaran Daring untuk Pendamping Belajar Siswa

BERIKUTNYA

Omnichannel Jadi Aplikasi Alternatif Pelayanan Konsumen untuk UMKM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: