Through The Darkness (Dok. SBS/Viu)

5 Sifat Karakter Song Ha-young sebagai Profiler Kriminal di Drama Through the Darkness

28 January 2022   |   19:48 WIB

Serial televisi atau drama Korea Through The Darkness yang membawa kisah tentang profiler menjadi salah satu drama yang menarik perhatian penonton karena fokusnya pada kisah sosok Song Ha-young (diperankan oleh Kim Nam-gil) yang berusaha menemukan pelaku dan petunjuk dalam memecahkan kasus agar korban bisa mendapatkan keadilan.

Karakter Ha-young dideskripsikan sebagai bagian dari tim bidang Analisis Perilaku Kriminal di Kepolisian Seoul yang dipimpin oleh detektif Kook Young-soo (diperankan oleh Jin Seok-gyu). Young-soo merekrut Ha-young karena potensinya melalui sikap yang ditunjukkan selama penyelidikan kasus kejahatan berlangsung.
 


Yuk kenalan dengan 5 sifat Ha-young sebagai seorang profiler.
 

1. Sensitif dan punya empati

Sejak episode pertama, sifat Ha-young yang sensitif dan memiliki empati tinggi sudah terlihat sejak kecil. Salah satu tindakannya adalah dengan merasa kasihan pada seorang perempuan yang telah ditemukan meninggal akibat tenggelam di dalam danau.

Sikap sensitif dan penuh empati ini kemudian terbawa hingga dewasa dan saat bekerja sebagai detektif. Setiap kali ada kasus kejahatan, terutama pembunuhan, Ha-young selalu berteu dengan pihak keluarga korban terlebih dahulu untuk menyelidiki kasus secara mendalam. Dari keluarga korban, dia berusaha memahami pribadi korban sehingga mendapat informasi rinci tentang keseharian dan kebiasaannya.

Tidak hanya sekadar bertanya, Ha-young juga memberi perhatian melalui sikap empati sehingga mereka mau bercerita secara terbuka.
 

2. Keras kepala

Alasan nama Ha-young disebutkan pertama sebagai anggota tim yang paling diincar Young-soo adalah karena Ha-young lebih keras kepala daripada dirinya. Akan tetapi, para atasan dan rekan Young-soo justru menganggap Ha-young sebagai polisi yang rumit karena sampai bikin Young Soo merasa kalah keras.

Fakta ini tidak dibantah dengan fakta bahwa Ha-young saja sampai naik darah terus menghadapi detektif ini. Bahkan, dia tidak akan berhenti menyelidiki sampai menemukan bukti yang kuat untuk menangkap pelaku jika dirasa hasilnya belum memuaskan. Tidak hanya itu, keras kepalanya bisa berada di tahapan di mana dia tidak peduli jika harus melawan atasan, melanggar aturan, dan nama baiknya buruk demi mendapatkan kebenaran.
 

3. Pantang menyerah

Di antara rekan-rekannya di kepolisian, Ha-young adalah polisi paling pantang menyerah. Sifat ini terlihat ketika dia tidak akan berhenti mencari dan berusaha mencari jalan keluar saat situasi mulai buntu atau bingung sekali pun.

Ini bisa dilakukan dengan memperluas daerah penyelidikan ke tempat lain yang berhubungan dengan korban dan tersangka, menghubungi orang-orang yang bisa membantunya dalam penyelidikan.
 

4. Tenang dan berwajah datar

Kemampuan untuk bisa tenang dengan berwajah datar adalah hal yang menjadi kelebihan Ha-young sekaligus hal yang membuat Young-soo iri. Dalam menghadapi segala macam keadaan, dia berusaha untuk tenang baik saat menangkap basah penjahat sedang beraksi maupun saat mewawancarai pembunuh berdarah dingin pun wajahnya tetap datar tanpa emosi sekalipun dia diprovokasi untuk dibuat marah oleh penjahat tersebut.

Di balik kelebihannya ini, justru psikolognya saat kecil sempat khawatir akan perkembangan mentalnya karena sangat andal menyembunyikan emosi. Tapi, setelah menjadi detektif, wajah datar dan ketenangannya ini sangat membantu dalam proses penyelidikan, terutama saat wawancara pelaku yang berusaha membaca emosi para penyidik. Di saat yang sama, ketenangannya ini juga dimanfaatkan dalam menghadapi rekan kerja dan atasan yang berusaha menjatuhkannya, serta media.
 

5. Intuisi yang kuat

Selain ketenangannya, Young-soo juga mengagumi intuisi Ha-young yang kuat terutama ketika tidak adanya buku petunjuk saat penyelidikan kasus-kasus pembunuhan tingkat berat. Saat inilah, dia justru melakukan dan memikirkan sendiri langkah-langkah penyelidikan berbekal intuisi miliknya yang ternyata terbukti sangat kuat. 

Hampir semua intuisinya selalu mengarahkannya pada petunjuk terbaru, meski terkadang mengarah ke tempat yang berbahaya. Di saat yang sama, intuisinya bisa membuat dia menjadi sosok yang terbuka secara pikiran, sehingga dia bisa melihat peristiwa dan keadaan dari berbagai macam sisi lalu menilai secara objektif dan tidak menghakimi.

Drama Through The Darkness telah tayang sejak 14 Januari 2022 di stasiun televisi SBS dan platform Viu.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Google Cloud Bentuk Tim Khusus untuk Kembangkan Implementasi Blockchain 

BERIKUTNYA

Ingin Sukses Berbisnis Dari Hobi? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: