Gaming mouse (dok. Unsplash/Rebekah Yip)

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Gaming Mouse

27 January 2022   |   14:12 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bagi para pemain gim (gamers) khususnya yang memakai komputer baik itu dekstop atau laptop, tetikus khusus gim (gaming mouse) menjadi ‘senjata’ penting yang bisa meningkatkan pengalaman bermain video gim secara signifikan. Gaming mouse biasanya dirancang dengan konsep yang berbeda dengan mouse tradisional.

Perangkat yang baik membantu pemain dengan presisi dan gerakan, terlebih untuk judul-judul gim seperti first person shooter, multiplayer online battle arena, atau massively multiplayer online

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian membeli gaming mouse
 

1. Gaya bermain dan genre gim 

Penting untuk mempertimbangkan genre gim yang menjadi favorit kalian. Sebab, permainan dalam genre yang berbeda, punya fokus dan spesifikasi berbeda. Ada yang lebih memprioritaskan presisi dan akurasi, sementara yang lain menekankan gerakan yang lebih cepat. 

Gim-gim FPS seperti Call of Duty atau Doom Eternal lebih mengandalkan mouse yang presisi dan konsisten. Sementara itu, gim MOBA seperti Dota atau MMO seperti World of Warcraft biasanya akan diuntungkan dengan sejumlah mouse yang punya tombol-tombol tambahan. 
 

2. Sensor : optik vs laser 

Gaming mouse biasanya tersedia dengan sensor optik atau laser. Mouse dengan sensor optik menggunakan LED inframerah, sementara mouse laser memakai sinar laser untuk menerangi permukaan. 

Secara umum, optik lebih populer karena harganya yang lebih murah dengan kemungkinan jitter yang lebih sedikit. Akan tetapi laser bisa memberikan keuntungan karena bisa dipakai di permukaan apa pun.
 

3. Pola pegangan 

Salah satu hal penting juga yang perlu diperhatikan ketika membeli gaming mouse adalah gaya atau pola genggaman. Ini berkorelasi dengan hal-hal seperti bentuk, ukuran, dan berat mouse yang paling nyaman bagi pengguna. 

Terkait hal ini, ada tiga gaya pegangan para gamers pada umumnya. Pertama, palm grip atau pegangan telapak tangan alami ketika memegang mouse. Kedua, claw grip yakni posisi menggenggam dengan jari telunjuk dan tengah untuk melakukan scroll. Ketiga, fingertip grip yakni pegangan ujung jari yang dapat dicapai. 
 

4. Kabel vs nirkabel 

Sebagian besar gamers lebih menyukai gaming mouse dengan kabel karena kegunaannya yang lebih andal. Kabel memiliki dua fungsi yakni mengirim sinyal dari mouse ke komputer dan memberi daya pada mouse itu sendiri. 

Jadi, pengguna tidak perlu khawatir untuk mengganti atau mengisi baterai mouse. Selain itu, latensi yang dihasilkan dari mouse ini juga sangat rendah sehingga nyaman untuk dipakai. 

Sementara itu, mouse nirkabel atau wireless biasanya menggunakan baterai sebagai sumber daya energi. Ini membuat perangkat lebih berat dan nyaman dipakai. Tidak adanya kabel juga berarti lebih portabel kendati latensi yang dihasilkan bisa lebih tinggi. 

5. Kualitas mouse 

Sebagian besar gaming mouse terbuat dari plastik dengan hasil akhir yang berkonsep matte atau glossy. Hasil akhir dari prosesnya akan menentukan apakah perangkat terasa lembut di tangan atau tidak. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan juga design dan build quality-nya. 

Editor : Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Gara-gara Jungkook BTS, Resto Chipotle Ubah Nama Twitter Jadi "Chicotle"

BERIKUTNYA

Jelang Imlek, Lapis Legit Linda Belinyu Kebanjiran Pesanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: