Perancang Thierry Mugler. (Dok. Instagram)

Perancang Kondang Thierry Mugler Meninggal pada Usia 73 Tahun

24 January 2022   |   18:16 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ikon mode, Manfred Thierry Mugler, yang terkenal dengan rancangan bernuansa futuristik dikabarkan meninggal dunia pada usia 73 tahun. Selama beberapa dekade ia berkarya dan diketahui menjadi penata kostum untuk Diana Ross, Beyoncé, David Bowie, hingga Lady Gaga.

Mugler meninggal dunia pada Minggu (23/1). Kabar meninggalnya perancang dengan karya berpesonakan hatue couture itu dikonfirmasi melalui akun Instagram resminya.

"Kami sangat sedih untuk mengumumkan meninggalnya Tuan Manfred Thierry Mugler pada hari Minggu, 23 Januari 2022. Semoga arwahnya Beristirahat Dalam Damai," tulis akun tersebut dalam sebuah posting yang semuanya hitam tanpa gambar dan tidak memberikan penyebab kematian.

 


Mugler, yang meluncurkan mereknya pada tahun 1973, menjadi terkenal karena gaya desain dengan pendekatan arsitekturnya, yang ditandai dengan bahu lebar dan pinggang kecil. Penggunaan kain futuristik seperti plastik dalam pakaian bersiluet seksi menjadi ciri khasnya.

Dia juga beberapa kali merealisasikan visi rancangan yang mungkin dianggap sebagian orang aneh karena menyerupai visual robot.

(Baca juga: Profil Gaspard Ulliel, Bintang Film Moon Knight Meninggal Akibat Kecelakaan Ski)

Mugler juga memiliki lini parfum populer, yang dia mulai pada 1990-an seperti Angel dan Alien.

Selain busana haute couture, Mugler juga aktif di dunia seni lainnya antara lain film, seni tari, akrobat dan dia adalah seorang binaragawan yang menganggap tubuh manusia sebagai seni.

"Saya selalu merasa seperti seorang pengarah dan pakaian yang saya kenakan jadi acuan gaya sehari-hari," kata Mugler kepada Interview Magazine.
 

Terlahir sebagai Manfred Thierry Mugler pada tahun 1948 di Strasbourg, Prancis, dia adalah seorang penampil berbakat dan pada usia 14 tahun, Mugler sudah menari dengan dengan Ballet du Rhin. Dia juga seorang akrobat dan model fashion.

Dengan minat awal untuk membuat pakaiannya sendiri, Mugler membuka butik pertamanya di Paris pada tahun 1970-an.

Mugler menjadi terkenal karena desain teatrikalnya yang menonjolkan fitur-fitur seperti pinggul dan bahu, dengan garis leher yang menjuntai dan pinggang yang menyempit.

Sempat mengalami slump, Mugler tampaknya pensiun dari dunia mode pada awal 2000-an, memilih untuk membuat karya individual, salah satunya untuk Lady Gaga dan bekerja sebagai penasihat kreatif di Beyoncé's I AM... World Tour pada 2010.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mengenal Apa Itu Cookie yang Sering Muncul saat Masuk Situs Web

BERIKUTNYA

Gamers Masuk! Game Sol Cresta Dipastikan Rilis Februari 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: