Song Ji-a atau Freezia (Dok. Instagram @dear.zia)

Kontroversi Barang Branded Palsu, Penampilan Song Ji-a di Acara Variety Diedit Ulang

24 January 2022   |   11:02 WIB

Penampilan YouTuber Freezia atau yang dikenal dengan nama Song Ji-a di sejumlah acara variety setelah kontroversi penggunaan barang branded palsu akhirnya disunting ulang. Hal ini telah disampaikan langsung oleh tim produksi dalam laporan News1 dan Newsen.

Freezia sempat direncanakan untuk hadir sebagai salah satu tamu di 2 acara variety, yaitu Knowing Bros di JTBC dan The Manager di MBC, di mana undangan ini hadir setelah acara reality Single's Inferno dari Netflix telah menarik perhatian publik sejak perilisannya pada Desember 2021.

Tim produksi acara The Manager pertama kali mengonfirmasi bahwa penampilan konten kreator kecantikan itu akan disunting ulang dengan meningkatnya kritik masyarakat terhadap kontroversi penggunaan produk bermerek mewah palsu.

[Baca juga:Song JI Ah "Single's Inferno" Dikecam karena Pakai Barang Branded Palsu]

"Setelah berdiskusi dengan tamu, kami memutuskan untuk tidak menayangkan video Song Ji-a. Penayangan pada 29 Januari akan tetap berjalan dengan normal dengan anggota lain," tutur perwakilan MBC kepada Newsen dalam laporan pada 20 Januari 2022.

Berbeda dengan respons MBC, JTBC justru memutuskan akan tetap menayangkan video yang telah diambil saat proses syuting dikarenakan kendala dalam proses penyuntingan untuk episode terbaru yang tayang pada Minggu (23/01/2022).

"Tanpa menunda penayangan, ini akan menyulitkan untuk membuang semua waktu tayang milik Song Ji-a. Kontroversi terkait Song Ji-a terbuka sebelum penayangan dan ini tidak bisa dihindari sehingga kami menayangkan [video dengannya], tamu lain yang tampil bersamanya, atau menyebabkan [rapper Lee Young-ji] terkena dampak," jelas JTBC.

Meski penampilannya tetap ditayangkan, tim produksi dari Knowing Bros tetap menegaskan pihaknya akan menyunting sebanyak mungkin penampilan Song Ji-a tanpa merusak alur dari program acara tersebut.

Setidaknya selama beberapa pekan terakhir, kreator konten Freezia atau Song Ji-a berada di dalam pusaran kontroversi akibat penggunaan barang bermerek palsu yang dilakukannya selama tampil di acara reality Single's Inferno

Kejadian ini berawal dari kecurigaan warganet yang melihat bahwa beberapa pakaian dan aksesoris seperti atasan, tas, hingga bikini yang digunakan oleh influencer berusia 25 tahun itu. Beberapa barang yang jelas terlihat palsu adalah atasa crop rajut berwarna merah muda-ungu merek Chanel dan atasan tube top dari merek Dior.

Tidak hanya 2 pakaian itu, Freezia juga diduga memiliki barang palsu lain berupa tas berpola quilt dengan warna hitam dari Chanel dan dikonfirmasi memiliki tas Dior palsu berwarna merah muda. Hal ini terungkap dari beberapa kejanggalan pada perbandingan desain dengan versi situs resmi Chanel, temuan pada buku panduan yang disertakan dalam pembelian tas tersebut, dan konfirmasi langsung dari Kim Hyo-won selaki CEO agensi Hyowon CNC yang menaungi Freezia.

Pengamatan warganet tersebut kemudian memicu kritik pedas dikarenakan pembawaan citra Freezia yang tampil sebagai sosok perempuan yang kaya di acara reality tersebut dan penggunaan barang-barang mewah yang orisinal dianggap sebagai salah satu bentuk nyata dari penggambaran tersebut. Bahkan beberapa warganet menyebut Freezia memamerkan barang mewah palsu sebagai barang branded asli.

Freezia sendiri telah meminta maaf secara tertulis melalui akun media sosial resminya, di mana dirinya mengakui kesalahannya dan berjanji akan lebih berhati-hati dengan kejadian serupa di masa yang akan datang.

"Semua konten yang menunjukkan merek palsu telah dihapus. Saya juga meminta maaf kepada semua merek yang citranya rusak akibat saya. Saya dengan tulus meminta maaf kepada semua orang, termasuk fans, pendukung, dan pegawai merek resmi," tulis Freezia.


Editor: Gita
 

SEBELUMNYA

Mata Kering, Gejala Baru Long Covid-19 yang Patut Diwaspadai

BERIKUTNYA

Perhatikan Ini saat Pasang Tools Password Manager 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: