Tampilan makanan Foundational Five Eggs, Beans, and Greens Nourish Meal. (Dok. Nutrition Stripped/McKel Kooienga)

Ingin Sarapan Sehat? Ini Resep Telur, Kacang & Sayur dari Ahli Gizi

03 June 2021   |   07:49 WIB

Pada umumnya, mungkin banyak dari Genhype yang sarapan pagi dengan berbagai karbohidrat dan lauk-lauk seperti bubur ayam atau sepotong roti lapis. Namun, kalau sarapan kita kurang seimbang dengan  kandungan karbohidrat yang tidak kompleks, maka ini bisa menjadi penyebab kekurangan energi untuk beberapa jam setelahnya lho.

Menurut McKel Kooienga, ahli gizi sekaligus founder blog Nutrition Stripped, sarapan yang seimbang bisa menentukan bagaimana seseorang bisa menjalani harinya.

Enggak hanya itu aja, Kooienga juga menyarankan agar sarapan dengan makanan seperti telur, kacang-kacangan, karbohidrat kompleks dan lemak sehat maupun buah raspberry, havermut, dan kelapa bisa jadi opsi bahan untuk sarapan yang lebih sehat dan tahan lama.

Baca jugaResep Telur Dadar ala Resto Padang, Ternyata Ada Bahan Rahasianya Loh!

Salah satu resep buatannya adalah kombinasi telur, kacang-kacangan dan sayuran yang dia beri nama Foundational Five Eggs, Beans, and Greens Nourish Meal. Simak resepnya di bawah ini ya!


Bahan-bahan

  • 2 gelas sayuran hijau atau selada sesuai selera
  • 1 gelas brokoli kukus
  • 1 gelas kacang-kacangan yang sudah dimasak (kacang hitam, kacang merah, atau kacang pinto; jika pakai kacang kalengan, bilas dahulu)
  • 2 butir telur
  • 1/2 buah alpukat matang
  • 1/2 gelas sayuran kecambah
  • 2 sendok makan salad dressing
  • Garam dan lada untuk perasa
  • Minyak zaitun untuk memasak
 


Cara memasak

1. Jika menggunakan kacang kalengan yang sudah dimasak, bilas terlebih dahulu hingga bersih. Jika tidak, maka siapkan kacang-kacangan sehari sebelumnya mengingat memasak kacang membutuhkan waktu beberapa jam agar matang.

2. Masukkan 1 sendok makan minyak zaitun ke panci penggorengan, lalu masak telur sesuai dengan tekstur dan tingkat kematangan yang diinginkan (setengah matang atau matang sempurna). Tabur garam dan lada selagi dimasak.

3. Ketika telur sedang dimasak, kukus brokoli selama beberapa menit.

4 Siapkan mangkuk atau piring untuk penyajian. Mulai tata makanan dari sayuran hijau atau selada sebagai dasar, lalu tuangkan salad dressing secukupnya, letakkan kacang yang sudah dimasak, brokoli, alpukat yang sudah dipotong, sayuran kecambah, dan tambahan bumbu seperti cabe kering dan lada hitam.

Gimana menurut kalian guys, membuat sarapan yang sehat itu ternyata mudah ya. Selamat mencoba!

Baca jugaResep Sup Tahu Telur, Sup Simpel Khas Hong Kong

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Laurence des Cars jadi Bos Perempuan Pertama di Museum Louvre

BERIKUTNYA

Hari Sepeda Sedunia, Simak 11 Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri saat Bergowes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: