Ilustrasi orang yang sedang mengenakan masker (Dok. Masao Mask/Unsplash)

4 Cara Ampuh Lindungi Diri dari Omicron

15 January 2022   |   21:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Varian Covid-19 Omicron dengan cepat menyebar di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Saat ini, tercatat ada 506 kasus positif Omicron di Tanah Air. Meski sebagian besar kasus Omicron memiliki gejala yang ringan, varian satu ini dianggap jauh lebih menular daripada jenis sebelumnya. 

“Omicron, dengan tingkat efisiensi penularan yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya, pada akhirnya akan menemukan hampir semua orang,” kata Kepala Penasihat Medis AS Dokter Anthony Fauci seperti dikutip Express UK, Sabtu (15/1/2022).

Dia juga mengatakan bahwa dua dosis vaksin tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk melindungi diri dari Omicron. Oleh karena itu, orang-orang disarankan untuk mengambil lebih awal dosis ketiga. Untuk melindungi diri dari Omicron, Dokter Fauci juga memberikan beberapa tips seperti berikut ini.

1. Jaga jarak dan rutin cuci tangan
Kebiasaan menjaga jarak dan cuci tangan tetap harus dijalankan karena ini merupakan salah satu cara terbaik untuk terhindar dari virus Covid. Selain itu, menurut Layanan Kesehatan Nasional inggris (NHS), mencuci tangan juga adalah salah satu cara termudah untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penyakit seperti keracunan makanan dan flu.

2. Menggunakan masker
Tak kalah penting, memakai masker adalah juga wajib dilakukan untuk melindungi diri dari virus Covid. Dalam situasi berisiko tinggi seperti di transportasi umum, disarankan untuk memakai masker filtrasi tinggi (FFP3).

Menurut Dokter Fauci, masker yang terbuat dari kain atau masker mode memiliki tingkat perlindungan yang rentan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan The Silver Face Covering, sebuah masker dari teknologi rajutan 3D berbasis perak yang direkomendasikan WHO untuk melawan pandemin mikroba saat ini.
 

Berolahraga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk menjaga kekebalan tubuh (Dok. Masao Mask/Unsplash)

Berolahraga bisa menjadi salah satu kegiatan untuk menjaga kekebalan tubuh (Dok. Masao Mask/Unsplash)

(Baca juga: Kemenkes Ingatkan Siap-siap Hadapi Gelombang Omicron)

3. Konsumsi makanan penambah kekebalan
Memiliki sistem kekebalan yang kuat dan sehat sangat penting untuk memerangi segala macam  kuman dan bakteri, tidak terbatas hanya untuk virus Covid. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran karena banyaknya vitamin dan mineral di dalamnya.

Satu penelitian di Jerman menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran memiliki 20 persen lebih sedikit kemungkinan untuk terserang pilek. Hal ini membuktikan bahwa buah dan sayuran memiliki fungsi kekebalan yang lebih baik.

4. Gerakkan tubuh lebih sering
Cara lain untuk menjaga sistem kekebalan juga adalah dengan menjaga tubuh tetap aktif seperti berolahraga, baik itu berlari atau sekadar berjalan cepat. NHS menyarankan orang dewasa berusia 19-64 tahun untuk melakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari.

Beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah diet, tidur yang cukup, dan menjaga kesehatan mental. Sebab, ada hubungan yang kuat antara gaya hidup yang sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Menguatkan Jakarta sebagai Kota Sastra

BERIKUTNYA

Konten Kreator Merapat! Yuk Ikutan Kompetisi Video Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: