Ilustrasi pengisian daya (dok. Unsplash/Andreas Haslinger)

Gokil, Xiaomi & Oppo Siapkan Charging Smartphone 200 Watt 

13 January 2022   |   11:36 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Teknologi pengisian daya (charging) pada ponsel pintar terus dikembangkan secara agresif. Beberapa tahun terakhir, sejumlah vendor telah menghadirkan smartphone yang punya fitur charging hingga 100 watt atau lebih. 

Salah satu yang paling baru adalah Xiaomi 12 Pro yang hadir dengan prosesor internal baterai perusahaan, dengan fitur pengisian cepat mencapai 120 watt. Vendor Red Magic juga diketahui tengah mengembangkan pengisian daya cepat 165 watt untuk produk smartphone gaming-nya. 

Akan tetapi, inovasi dari para vendor tidak berhenti sampai disitu. Raksasa teknologi asal China yakni Xiaomi dan Oppo dilaporkan sudah bereksperimen dengan pengisian daya super cepat dengan 200 watt. Mereka juga berencana mempromosikan penggunaan komersialnya. 

Dilansir dari Gizchina, Xiaomi sejatinya telah mendemonstrasikan pengisian daya baru yang memecahkan dua rekor di industri. Pertama solusi pengisian daya kabel 200 watt dan pengisian nirkabel (wireless charging) 120 watt. 

Hasilnya tentu menakjubkan. Pengisian daya untuk baterai berukuran 4.000 mAh - yang saat ini banyak digunakan di smartphone - dapat terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 8 menit. Pengujian juga mencatat pengisian 50 persen hanya membutuhkan waktu 3 menit. 

Xiaomi memang menjadi vendor terdepan dalam urusan fitur pengisian daya. Perusahaan juga telah merilis cip ketiga yang dikembangkan sendiri bernama Surge P1 untuk mewujudkan teknologi pengisian daya sel tunggal 120 watt. 

Sementara itu, Oppo memang belum semaju Xiaomi untuk menghadirkan teknologi pengisian daya sebesar 200 watt. Akan tetapi, perusahaan juga menjadi salah satu yang terdepan dalam bidang pengisian daya super cepat. 

Baru-baru ini, mereka juga memperkenalkan teknologi Flash Charge yang memungkinkan smartphone untuk diisi dengan daya 125 watt. Oppo telah berkomitmen bakal merilis fitur tersebut di lebih banyak smartphone yang akan meluncur tahun ini. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Gabung Jadi Mitra Kebab Turki Baba Rafi? Ini Penjelasan dari Owner Soal Rincian Biaya & Sistem Kerja Samanya

BERIKUTNYA

Ini Gejala Defisiensi Vitamin D, Salah Satunya Gampang Lelah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: