Stellar Power Accelerator Program 2022. (Dok. L’Oréal Paris)

Brand Kecantikan Ini Berdayakan Pengusaha Perempuan Lewat Program Mentoring Wirausaha

13 January 2022   |   10:31 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Merek kecantikan L’Oréal Paris bekerjasama dengan Stellar Women, komunitas perempuan berdaya, meluncurkan Stellar Power Accelerator Program 2022 sebagai bentuk dukungan nyata untuk memberi kelas inspirasi, mentoring dan membantu perempuan dalam memajukan usaha mereka.

Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar, lebih dari 60 persen UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan sehingga peran perempuan tak dapat diremehkan.

Dalam survei bertajuk Advancing Women in Entrepreneurship yang dilakukan oleh Google-Kantar tahun 2020, angka partisipasi wanita Indonesia dalam bidang kewirausahaan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara. 

Penelitian tersebut menemukan bahwa 49 persen wanita menyatakan telah memiliki bisnis yang mereka jalankan sendiri, sementara 45 persen mengaku baru ingin berwirausaha. 
 

Adapun delapan dari 10 perempuan yang sudah atau ingin berwirausaha di Indonesia mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan bisnis, seperti keterampilan berbinis, pengelolaan uang, dan keterampilan digital. 

Sayangnya, walaupun angka partisipasi wanita dalam bidang kewirausahaan di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia Tenggara, mereka masih terganjal sejumlah stigma dan stereotip untuk mewujudkan impiannya.

"Kami percaya bahwa setiap perempuan berharga, dan berhak untuk merasa percaya diri dalam mengekspresikan diri, dan tentunya untuk menggapai impian di bidang apapun yang kita pilih," ujar Brand General Manager L’Oréal Paris Maria Adina.

Dia juga menyampaikan harapan agar program ini dapat membuka peluang bagi para perempuan pengusaha untuk mendobrak batasan dalam meningkatkan kemampuan diri baik secara bisnis maupun pribadi, dan melahirkan pengusaha-pengusaha perempuan baru.

Selama delapan pekan, peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam melalui sesi perkuliahan, kelompok mentorship, maupun diskusi dengan sesama perempuan pengusaha. 

Founder Stellar Women, Samira Shihab, menuturkan pada tahun 2021, Stellar Women menerima lebih dari 1.500 pendaftar, dan tahun ini diharapkan angka ini akan berkembang menjadi dua kali lipat.

Setidaknya terdapat tiga program utama yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 18 Januari 2022 - 8 Maret 2022, yaitu:
 
  • Kelas Stellar Power Accelerator: Puluhan sesi akan diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai lanskap bisnis saat ini maupun keahlian bisnis yang diperlukan untuk berkembang. Melibatkan lebih dari 45 ahli sebagai pembicara.
  • Mentorship: 300 peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan khusus untuk bergabung dalam kelompok mentoring. Setidaknya terdapat lebih dari 20 mentor womenpreneur, yang siap membina peserta untuk mengembangkan bisnisnya. 
  • Demo Day: Peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis, memiliki kesempatan untuk menunjukkan inovasi bisnisnya di hadapan para juri, yang merupakan investor dan pebisnis berpengalaman. Para pemenang Demo Day akan mendapatkan hadiah tunai total Rp50.000.000.
Pendaftaran peserta Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris telah dibuk dan tiketnya bisa didapatkan di website resmi Stellar Women. Tiket single class Stellar Power Accelerator 2022 juga bisa didapatkan melalui Blibli, e-commerce partner Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip Harga Outfit Mewah IU di Golden Disc Awards 2022

BERIKUTNYA

Eternals Tayang di Disney+, Simak Penjelasan Post-Creditnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: