Mau Penjualan GoFood Genhype Meningkat? Simak 4 Strategi Ini
05 January 2022 |
22:36 WIB
Berbagai upaya terus dilakukan oleh para pelaku usaha kuliner untuk menjangkau pasar lebih luas, salah satunya dengan memasarkan produknya melalui layanan pesan antar makanan dari ojek online.
Nah, agar usahanya makin berkembang ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha kuliner agar sukses berbisnis dengan memanfaatkan strategi promosi digital yang efektif.
Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya mengatakan salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner menjadi jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon.
Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi. Di GoFood sendiri terdapat peluang yang besar bagi mitra usaha untuk menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif.
Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’ diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim. "Kami mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo," ujarnya.
Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.
Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket. Di tengah pandemi, sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.
Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan.
"Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” jelas Felicia.
Editor: GIta
Nah, agar usahanya makin berkembang ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha kuliner agar sukses berbisnis dengan memanfaatkan strategi promosi digital yang efektif.
1. Ikuti Program Promosi dan Diskon
Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya mengatakan salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner menjadi jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon.
Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi. Di GoFood sendiri terdapat peluang yang besar bagi mitra usaha untuk menjalankan strategi promosi dengan mudah dan efektif.
Pelaku usaha dapat memilih sendiri jenis promosi yang sesuai dengan target bisnisnya, seperti jenis promo ‘menu rekomendasi’ diskon di item menu, diskon total belanja, hingga diskon ongkos kirim. "Kami mencatat bahwa mitra usaha GoFood yang mengikuti promo mengalami peningkatan penjualan hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan yang tidak mengikuti promo," ujarnya.
2. Beri Rekomendasi Menu
Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.
3. Buatlah Menu Paket
Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket. Di tengah pandemi, sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.
4. Tampilkan Foto dan Deskripsi Menu Semenarik Mungkin
Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan.
"Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” jelas Felicia.
Editor: GIta
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.