Heartbeat of the Earth (Dok. Google Arts and Culture)

Yuk Belajar tentang Krisis Iklim Lewat Karya Seni Heartbeat of the Earth

02 June 2021   |   12:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, saat ini krisis iklim merupakan isu yang harus mendapatkan perhatian cukup serius lho. Sebab, perubahan iklim yang terjadi sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia seperti kondisi tempat tinggal, ketersediaan pangan, kesehatan, keselamatan hidup bahkan keamanan suatu negara.

Mungkin banyak orang yang masih kurang peduli dengan persoalan ini, tetapi tidak sedikit juga orang yang memberikan informasi dan mengedukasi akan pentingnya peduli dengan dampak krisis iklim melalui berbagai bidang, salah satunya seni.

Hal tersebut tampak pada rangkaian hasil karya seni yang coba dilakukan oleh United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) dengan Google Arts & Culture yang berjudul Heartbeat of the Earth.
 


Para seniman yang terlibat dalam kolaborasi itu menggunakan temuan dari berbagai data ilmiah mengenai kondisi iklim bumi. 

Data tersebut diwujudkan ke dalam delapan karya seni yang membahas topik-topik perubahan iklim seperti polusi udara, kenaikan permukaan laut, pencairan gletser, dampak mikroplastik, penurunan keanekaragaman hayati, dan masalah terkait perubahan iklim lainnya.

Koleksi karya seni yang melibatkan seniman dari berbagai negara seperti Giorgia Lupi, Felicity Hammond, Cristina Tarquini, dan Sey Min itu telah diluncurkan oleh Google pada 22 April lalu bertepatan dengan Hari Bumi.

Melalui karya seni interaktif tersebut, diharapkan banyak orang bisa belajar tentang dampak krisis iklim dengan visualisasi data yang kreatif, bukan grafik atau data bagan yang rumit.

Medusae adalah salah satu karya seni garapan seniman digital Cristina Tarquini yang menawarkan pengalaman kamu ke Laut Mediterania dan mencari tahu hubungan antara pesatnya perkembangbiakkan ubur-ubur yang kini tengah terjadi dengan perubahan iklim.

Ada juga karya berjudul Climate Change Impact Filter garapan seniman Korea Selatan Sey Min yang dapat membantu kamu untuk mengeksplorasi dan mencari tahu dampak dari kenaikan suhu Bumi.

Dia menciptakan sebuah model mesin yang dapat mempelajari ribuan gambar pada Google Search, lalu mengelompokkan mereka menurut jenis spesiesnya masing-masing. Karyanya dapat membuat kita melihat apa saja yang mungkin menghilang akibat kenaikan suhu.

Nah, untuk Genhype yang kepo detail karya-karya dari Heartbeat of the Earth bisa mengunjungi melalui situs berikut ini ya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

ARMY, BTS Lagi-lagi Cetak Sejarah di Billboard Hot 100 Nih

BERIKUTNYA

Nintendo Alihkan Pabrik Ini Jadi Galeri Publik, di Mana?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: