Ilustrasi K-pop. (Dok. Hiu Yan Chelsia Choi dari Unsplash)

Mulai dari Visual hingga All-Kill, Ini 17 Istilah K-pop yang Wajib Diketahui

03 January 2022   |   20:49 WIB

Dengan meluasnya Hallyu atau Gelombang Korea, banyak istilah yang umum digunakan di industri hiburan Korea Selatan yang kini mulai banyak dikenal publik maupun penggemar. Beberapa di antaranya merupakan istilah yang biasa digunakan di kalangan artis.

Mulai dari istilah untuk posisi artis di dalam sebuah grup musik hingga istilah di dalam tangga lagu musik domestik, berikut 16 istilah yang biasa di temukan di industri musik K-pop.
 

1. Sunbae dan Hoobae

Sunbae dan hoobae merupakan istilah yang umum digunakan untuk mendeskripsikan posisi senior dan junior di dalam karir industri hiburan Korea Selatan. Sunbae biasanya digunakan untuk menyebut seseorang dengan pengalaman lebih banyak, sedangkan hoobae untuk mereka yang pengalamannya masih sedikit.
 

2. Visual, Center, dan Maknae

Kata visual, center, dan maknae umumnya digunakan sebagai deskripsi posisi untuk artis-artis K-pop yang tergabung di dalam grup. 
Visual digunakan untuk menyebut anggota grup yang paling menarik berdasarkan standar kecantikan dan ketampanan Korea Selatan, Center merujuk sebagai anggota yang merepresentasikan grup dalam koreografi, dan maknae digunakan untuk menyebut anggota termuda di dalam sebuah grup.
 

3. Main dan Lead

Masih satu lingkup dengan posisi anggota dalam sebuah grup, istilah main dan lead mungkin terdengar familiar untuk beberapa penggemar yang grupnya memiliki lini vokal, rap, dan dansa di dalamnya. Kata main umumnya digunakan untuk anggota yang didapuk sebagai anggota dengan posisi utama di salah satu aspek, sedangkan lead digunakan untuk anggota terbaik kedua di salah satu aspek dalam grup.
 

4. Bias

Untuk penggemar K-pop baru maupun lama, kata bias bisa jadi salah satu kata pertama yang dipelajari ketika masuk ke dalam komunitas penggemar. Kata bias digunakan sebagai istilah untuk menyebut artis favorit seorang penggemar dan dari sini ada beberapa istilah lanjutan dari kata tersebut.

Beberapa istilah yang umum adalah bias group yang dipakai untuk menyebut grup favorit seorang penggemar, ult bias atau ultimate bias untuk artis paling favorit di antara semua artis favorit seorang penggemar, dan bias wrecker untuk menyebut artis favorit kedua atau kesekian yang berpotensi mendominasi ult bias dari seorang penggemar.

5. Line

Pernah mendengar istilah line di dalam industri K-pop? Line biasanya dipakai untuk mengelompokkan beberapa anggota yang memiliki kesamaan. Beberapa istilah line yang umum adalah Rap Line untuk menyebut beberapa anggota yang sama-sama memiliki posisi dalam bagian rap, Dance Line untuk beberapa anggota yang memiliki kekuatan terbaik di bidang tarian, [Nama negara] line untuk beberapa anggota yang sama-sama berasal atau memiliki keturunan dari sebuah negara, dan lainnya.
 

6. Debut dan Comeback

Istilah debut dan comeback sama-sama digunakan berkaitan dengan rilisan terbaru. Debut umumnya digunakan ketika seorang artis baru saja merilis karya perdananya kepada publik untuk pertama kalinya, sedangkan comeback digunakan untuk menyebut artis yang kembali dengan rilisan karya terbaru dengan konsep atau tema yang berbeda-beda.
 

7. Sub-unit

Pernah menjumpai nama-nama grup seperti DAY6 Even of Day, NU'EST W, NCT 127, Hip-hop Unit SEVENTEEN, dan EXO-SC? Nama-nama ini merupakan sub-unit atau grup kecil di dalam sebuah grup induk, di mana umumnya digunakan untuk menunjukkan sisi lain secara musikalitas atau konsep lain yang tidak pernah ditunjukkan di dalam grup induknya.
 

8. Trainee dan Idol

Sebelum seorang artis K-pop tampil di publik sebagai artis, mereka akan dikenal dengan nama trainee atau peserta pelatihan yang akan menjadi artis ke depannya. Trainee akan melalui beberapa rangkaian latihan seperti menari, menyanyi, hingga etika dan tata krama sebagai figur publik di dalam agensi hiburan.

Setelah selesai menjalankan latihan dan siap debut, seorang trainee selanjutnya akan disebut sebagai artis dengan sebutan idol ketika mereka sudah debut baik sebagai solois maupun anggota grup.
 

9. All-Kill dan Perfect All-Kill

Pernah mendengar sebuah lagu di tangga lagu domestik di Korea Selatan yang dikategorikan sebagai All-Kill dan Perfect All-Kill? Sebutan ini umumnya digunakan ketika sebuah lagu telah mencapai urutan pertama di semua tangga lagu di dalam platform musik, seperti MelOn, FLO, Bugs, Genie, VIBE, iChart, dan Soribada.

All-Kill digunakan ketika lagu-lagu masuk ke tangga lagu harian Top 100 di MelOn, Genie, dan VIBE; harian di Bugs; per 24 jam di MelOn 24Hits; real-time di iChart, Genie (Top 100), FLO, dan Bugs. Sementara itu, Perfect All-Kill juga memiliki pencapaian yang sama dengan All-Kill, hanya saja perbedaannya ada pada tangga lagu mingguan sebagai acuan tambahan pencapaian sebuah lagu di platform musik nasional.


Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

7 Film Terbaik Florence Pugh

BERIKUTNYA

WFA, Tren Kerja yang Bakal Marak Usai Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: