Gong Li di film Memoirs of a Geisha. (Dok. Sony Pictures)

Hindari Daftar Hitam China, Aktris Gong Li Dikabarkan Cabut Kewarganegaraan Singapura

25 October 2021   |   13:29 WIB

Sejumlah media Singapura seperti Mothership dan Today melaporkan bahwa aktris Gong Li mencabut kewarganegaraan Singapura dan mengajukan permohonan ulang untuk kewarganegaraan China pada pertengahan Oktober 2021. Hal ini terjadi sebagai imbas dari kebijakan pemerintah China di dalam industri hiburannya.

Aktris berusia 55 tahun itu diketahui memiliki kewarganegaraan Singapura sejak tahun 1996 setelah menikah dengan Ooi Hoe Seong, yang sudah menjadi mantan suaminya dan dikenal sebagai salah satu pengusaha besar di bidang tembakau.

Kewarganegaraan ini diketahui telah dipertahankan meski dirinya telah bercerai dengan Ooi pada 2009 dan kini telah menikah dengan musisi Prancis Jean-Michel Jarre. Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ini dirinya mendapatkan kritik dari warganet China karena dianggap sebagai aktris yang mencari uang di China tapi tidak mau mengakui sebagai bagian dari Negara Tirai Bambu itu.

Kabar pencabutan kewarganegaraan di luar China ini beredar setelah pemerintah China memberlakukan Operasi Qinglang yang mengatur berbagai hal di industri hiburan dan kebudayaan negara tersebut untuk para pelaku maupun konsumennya. Salah satu yang heboh di kalangan masyarakat adalah isu daftar hitam bagi para selebritas China yang masih memegang kewarganegaraan luar negeri.

Meski media massa China telah mengonfirmasi kebenaran ini, belum ada konfirmasi langsung dari pihak Gong Li terkait hal tersebut.

Sementara itu, beberapa warganet beranggapan bahwa tindakan yang dilakukannya hanya bertujuan untuk melindungi sumber pemasukannya di China mengingat aktris film Memoirs of A Geisha (2005) itu memiliki beberapa rangkaian aktivitas di sana. Lainnya beranggapan bahwa Singapura hanya dijadikan sebagai batu loncatan agar bisa sukses di luar negeri.

Ini bukan kali pertama seorang selebritas keturunan China dengan kewarganegaraan lebih dari satu untuk mencabut salah satu kewarganegaraan yang dimilikinya.

Sebelumnya, sejumlah selebritas lain seperti aktor Nicholas Tse dan aktor Chen Feiyu mencabut kewarganegaraan non-China milik mereka. Tse mencabut kewarganegaraan Kanada pada bulan September 2021, sedangkan Chen mencabut kewarganegaraan Amerika Serikat pada Agustus 2021.

Di sisi lain, sebagaimana dilaporkan Taiwan News, aktris Zhao Wei atau Vicky Zhao diduga tetap mempertahankan kewarganegaraan luar negerinya. Hal ini ditunjukkan dengan hilangnya seluruh informasi mengenai Zhao di media sosial dan situs layanan streaming China pada Agustus 2021.

Dengan adanya tindakan pencabutan kewarganegaraan, banyak masyarakat menduga beberapa artis yang masuk ke dalam 'daftar reorganisasi' dari pemerintah China juga ikut menyusul Tse, Chen, dan Li. 

Beberapa di antaranya adalah Jet Li yang memegang kewarganegaraan Singapura; Zhang Tielin dengan kewarganegaraan Inggris; Crystal Liu Yifei, Will Pan, dan Wang Lee Hom dengan kewarganegaraan Amerika Serikat; dan Mark Chao dengan kewarganegaraan Kanada.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Nama JK Rowling Dihapus oleh Sebuah Badan Amal Inggris Gara-gara Hal Ini

BERIKUTNYA

Giselle aespa Minta Maaf karena Nyanyikan Istilah Rasis dalam Lagu SZA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: