Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

3 Cara Sederhana Pulihkan Tubuh Usai Makan Terlalu Banyak

01 January 2022   |   16:36 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kebanyakan orang menandai pergantian tahun dengan makan dan minum sepuasnya dari malam hingga matahari terbit. Sampai batas tertentu, tidak ada salahnya sesekali menikmati momen meriah ini. Namun, kalian tahu tidak dampaknya pada tubuh jika kita makan dan minum terlalu banyak dalam satu waktu?

Orang-orang biasanya terlalu memanjakan diri dengan kue yang sarat gula, coklat, gorengan, makanan asin dan pedas, serta alkohol selama liburan akhir tahun yang mungkin sulit untuk ditangani oleh tubuh.

Jika Genhype merasa tidak enak badan karena terlalu banyak makan di malam tahun baru, tips ini mungkin bisa membantu tubuh kalian untuk pulih:
 

Terlalu Banyak Gula

Terlalu banyak gula dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat menyebabkan seseorang merasa cemas atau mengalami peningkatan detak jantung, terutama mereka yang sudah hipertensi atau obesitas. Setelah tahun baru, banyak minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik dan beralih ke makanan berprotein dan berserat lebih tinggi untuk membantu tubuh dalam pencernaannya. 

Gula diproses dengan sangat cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar glukosa darah tinggi dalam waktu singkat. Makan lebih banyak protein dan makanan kaya serat akan memastikan glukosa dilepaskan lebih lambat ke dalam tubuh. Hal ini akan mengembalikan keseimbangan tubuh. Hidrasi dengan baik untuk memungkinkan tubuh melakukan detoksifikasi.
 

Kendalikan Kadar Alkohol

Alkohol mengiritasi lapisan dalam lambung dan merusak sistem pencernaan. Nyeri atau muntah dalam beberapa kasus bahkan pendarahan dapat terjadi karena konsumsi alkohol yang berlebihan. Jika kamu memutuskan untuk minum, lakukan secukupnya. 

Menghindari alkohol dan beralih ke makanan sehat setelah tahun baru akan membantu tubuh kembali seimbang. Makan berlebihan dapat menyebabkan kecelakaan dan memperburuk penyakit yang mendasarinya.
 

Atasi Kembung dengan Olahraga Ringan dan Makanan Segar

Merasa kembung, lelah, mual, lelah dan lesu selama malam berpesta berat adalah hal biasa. Hal ini karena sistem pencernaan bekerja keras dalam mengolah makanan yang dikonsumsi. Kita juga cenderung mengonsumsi lebih banyak gorengan dan lebih sedikit makanan segar saat berpesta, yang biasanya menyebabkan lebih banyak gas yang diproduksi di perut. 

Beralihlah ke makanan yang lebih segar untuk meringankan beban pada sistem pencernaan dan memasukkan kembali nutrisi penting untuk membuat tubuh merasa berenergi lagi. Selama periode pemulihan, ada baiknya juga melakukan olahraga ringan – seperti jalan kaki, berenang, yoga untuk membakar kalori ekstra.

Nikmati perayaan tahun baru dan liburan dengan bijaksana. Ketahui apa yang dapat ditangani tubuh dan tetap dalam batas secukupnya. Jangan lupa berikan kesempatan bagi tubuh untuk memulihkan diri setelah liburan.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini 5 Hidangan Unik Khas Denmark Berbasis Roti

BERIKUTNYA

Wah India Mulai Bentuk Satgas Pengembangan Teknologi Jaringan 6G 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: