Ilustrasi makanan khas Denmark. (Dok. Nick Karvounis dari Unsplash)

Ini 5 Hidangan Unik Khas Denmark Berbasis Roti

01 January 2022   |   18:59 WIB

Selama ini, Genhype mungkin lebih familiar dengan pastry Denmark yang memiliki ciri khas berbentuk seperti roti dan menggunakan cokelat dan/atau kacang sebagai topping atau isiannya. Mungkin makanan lain khas Denmark yang familiar adalah bola-bola daging yang mirip dengan makanan khas Swedia.

Akan tetapi, makanan khas Denmark enggak hanya yang manis-manis saja lho, ada juga beberapa hidangan yang unik dan jarang ditemukan di negara-negara Skandinavia lain yang merupakan tetangganya atau negara-negara lainnya. Yuk intip lima hidangan khasnya!
 

1. Smørrebrød

 

Ilustrasi Smørrebrød. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Ilustrasi Smørrebrød. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Roti adalah salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Skandinavia, sehingga tidak asing bagi Denmark untuk memiliki hidangan berbasis roti. Smørrebrød adalah hidangan klasik yang menggunakan roti rye sebagai salah satu bahan utama, di mana konsepnya merupakan sandwich terbuka tanpa adanya roti yang menutup di bagian atasnya.

Sandwich ini biasanya menggunakan ikan goreng, ikan asin, telur, kentang, daging dingin, daging bakar, udang, bawang bombay, dan/atau saus mayonais sebagai isiannya. Biasanya, sandwich ini disajikan saat makan siang sebagai bekal atau sebagai hidangan umum di berbagai kantin.
 

2. Stjerneskud

Makanan yang memiliki arti nama 'bintang jatuh' ini merupakan versi mewah dari Smørrebrød, tapi tidak sepopuler roti lapis tersebut. Biasanya, Stjerneskud menggunakan roti rye dengan topping ikan pipih plaice goreng, udang, daun selada, dan caviar.

Makanan ini bisa dihidangkan bersama dengan bir dingin atau schnapps yang merupakan minuman beralkohol dari distilasi buah.
 

3. Stegt flæsk

Hidangan utama ini terbuat dari daging babi iris yang dimasak hingga renyah dan disajikan bersama dengan saus peterseli dan kentang rebus. Makanan ini umumnya banyak ditemui di sejumlah restoran dengan harga yang ramah kantong.

Biasanya, bagian daging babi yang digunakan adalah bagian perut atau dada, di mana bagian ini biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian daging babi yang lain.
 

4. Pastry & kue khas Denmark

Ilustrasi pastry Denmark. (Dok. Mink Mingle dari Unsplash)

Ilustrasi pastry Denmark. (Dok. Mink Mingle dari Unsplash)

Meski pastry khas Denmark atau danish pastry dikenal dari negara dengan ibukota Kopenhagen, ternyata makanan ini justru dibuat oleh koki pastry asal Austria pada 1840-an. Dikenal sebagai Roti Vienna atau wienerbrød, pastry Denmark umumnya memiliki lapisan seperti croissant tapi pembuatan adonannya serupa dengan roti.

Tidak hanya pastry, ada juga drømmekage atau dream cake yang terbuat dari kelapa dan brown sugar yang memiliki tekstur mirip dengan kue chiffon.
 

5. Pølsevogn

Ilustrasi Pølsevogn. (Dok. denmark.dk)

Ilustrasi Pølsevogn. (Dok. denmark.dk)

Jika biasanya hot dog selalu identik dengan sosis dan roti yang diberi saus mustard dan tomat, maka pølsevogn memiliki versi pembaruannya sebagai bagian dari pengembangan makanan kontemporernya.

Pølsevogn memiliki variasi yang lebih banyak dengan melibatkan penggunaan bahan-bahan yang lebih beragam seperti roti sourdough, daging organik, sayuran, hingga saus. Meski memiliki variasi menu modern, pølsevogn tradisional yang mirip dengan hot dog pada umumnya tetap dijual.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Film Dokumenter Betty White: 100 Years Young Tetap Dirilis Sesuai Rencana

BERIKUTNYA

3 Cara Sederhana Pulihkan Tubuh Usai Makan Terlalu Banyak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: