Dok. @ade_rai

Nggak Sekadar Membentuk Otot, Ini Manfaat Olahraga Angkat Beban Menurut Ade Rai

23 December 2021   |   20:21 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Atlet Binaraga I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha atau yang akrab disapa Ade Rai menjelaskan bahwa olahraga kardio umumnya dilakukan untuk melatih pengencangan otot jantung atau kardio, sedangkan latihan ketahanan atau resistance training dilakukan untuk mengencangkan otot rangka.

Menurutnya, otot rangka merupakan organ tubuh yang paling dominan di badan yakni mencapai hampir 60 persen sedangkan otak sekitar 2 persen tubuh. Dan kedua organ tersebut paling banyak dibutuhkan untuk membakar kalori.

“Selama ini masyarakat terlalu fokus pada olahraga kardio atau aerobik dan melupakan latihan pengencangan otot rangka padahal otot termasuk organ yang paling penting di badan,” tuturnya.

Ade  kemudian menganalogikan tubuh seperti mobil.  Ketika tubuh mendapatkan pasokan makanan secara terus menerus maka seperti mobil yang mengisi bensin terus-menerus. Jika terlalu banyak diisi sedangkan mobil tersebut jarang bergerak maka bensinnya akan meluber kemana-mana.

“Seperti lemak di dalam tubuh yang jika diisi terus tetapi tidak bergerak maka lemaknya akan disimpan di segala tempat sehingga menyebabkan penumpukan sel lemak, lemak di dalam otot, lemak menutupi jantung, hingga perlemakkan hati,” terangnya.
 
Ade rai/Bisnis.com
Lantas, agar lemak atau bensin yang ada di dalam mobil tersebut habis dibakar ada dua cara, pertama melakukan perjalanan jauh tetapi tantangannya adalah membutuhkan waktu lama seperti olahraga aerobik atau kardio.

Kedua, tidak perlu jauh-jauh cukup jalan santai di sekitar rumah tetapi bensin bisa cepat habis caranya dengan memperbesar cc mobil. Seperti tubuh, ketika rajin melatih pengencangan otot tubuh dengan latihan beban maka jumlah massa otot pun akan meningkat sehingga lemak lebih cepat dibakar.

“Metabolisme kita bisa tinggi karena otot terus dilatih. Kunci metabolisme tinggi dan cepat itu bergantung pada banyaknya jumlah otot yang dimiliki oleh tubuh. Ketika massa otot tubuh besar maka diibaratkan seperti mobil yg cc nya besar, tidak perlu jalan terlalu jauh cukup sebentar saja tetapi bensin atau lemak nya akan cepat terbakar,” jelasnya dalam analogi.

Ade Rai mengaku dengan rajin melatih otot tubuh maka kadar lemak yang dia miliki menjadi rendah meskipun jarang melakukan olahraga kardio. Selain membentuk otot dan cepat membakar lemak, latihan beban juga sangat efektif memecah kadar gula dalam darah.

“Dengan melatih dan mengencangkan otot maka tulang juga akan ikut terangsang menjadi kuat sedangkan otot yang ngga pernah dilatih akan membuat tulang menjadi lemah dan gerakannya menjadi sedikit, akibatnya kadar lemak meningkat yang kemudian menjadi penyakit degeneratif,” terangnya.
Olahraga resistance ini menurutnya bisa dibarengi dengan olahraga kardio untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Teaser Avatar 2 Ungkap Karakter Baru, Spider

BERIKUTNYA

Ini Loh Bedanya Olahraga Aerobik dan Anaerobik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: