sumber gambar: KAI

Mau Liburan Nataru? Ada Layanan Tes Cepat PCR Murah di Stasiun

23 December 2021   |   13:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang ingin melakukan perjalanan pada libur Natal dan Tahun Baru dengan kereta api dan memerlukan hasil tes negatif PCR, sekarang bisa lho tes polymerase chain reaction itu di stasiun. Tarifnya pun cukup terjangkau yaitu Rp195.000, dengan tahap awal terdapat 17 stasiun yang akan melayani tes itu.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan tes PCR di stasiun ada untuk membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan naik kereta api pada masa Natal dan Tahun Baru.

"Khususnya pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun yang diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR mulai 24 Desember," ujarnya.

Pada tahap awal, terdapat 17 Stasiun yang akan melayani tes PCR. Adapun stasiun-stasiun yang ada layanan PCR mulai 23 Desember 2021 adalah Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Babakan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Kemudian stasiun yang terdapat layanan tes PCR mulai 24 Desember 2021 adalah Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Madiun, dan Stasiun Jember. "Nantinya jumlah stasiun yang akan melayani tes PCR di Stasiun akan ditambah secara bertahap," ujarnya.
 

Ilustrasi test deteksi Covid-19 di stasiun /Istimewa

Ilustrasi test deteksi Covid-19 di stasiun /Istimewa


Untuk dapat melakukan tes PCR di stasiun, Genhype harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan. 

Hasil tes PCR akan keluar maksimal 1x24 jam setelah pengambilan sampel melalui email pelanggan serta sudah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.

"Calon pelanggan agar memperhitungkan waktu tes dan keberangkatannya agar masa berlaku hasil tes PCR nya masih valid," ujarnya.

Selain menyediakan layanan RT-PCR, KAI juga masih menyediakan layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di 16 Stasiun dan Rapid Test Antigen di 81 Stasiun seharga Rp45.000 bagi pelanggan KA Jarak Jauh.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mobil Masih Pakai Power Steering Hidrolik, Ini Penyebab Jika Tiba-Tiba Terasa Berat

BERIKUTNYA

Perhatikan Ketentuan Ini Jika Hendak Tes PCR di Stasiun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: