Gambaran wilayah yang terdampak banjir. (Dok. Pexels)

Waspada Ancaman Banjir, Begini Cara Melindungi Keluarga dan Rumah

23 December 2021   |   10:18 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musim hujan telah tiba. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat terjadi sepanjang Desember 2021 hingga Januari 2022. Tentu tak sedikit daerah yang berpotensi banjir, termasuk di wilayah Jabodetabek. 

Dalam kondisi ini, kita perlu siap siaga karena banjir bukan hanya menyebabkan stres dan penyakit, tetapi juga kerusakan pada rumah. Berikut ini tips dari Sompo Insurance untuk melindungi keluarga dan rumah dari banjir yang bisa datang kapan saja dan tidak terduga:

1. Cari tahu tentang potensi banjir di daerah kamu melalui tetangga, tokoh masyarakat, dan pemberitaan media, terutama jika memang rumah kamu langganan banjir. Saat hujan deras, sebisa mungkin update informasi mengenai potensi banjir ya. 

2. Periksa rumah untuk bagian-bagian yang perlu dibersihkan, diperbaiki, atau diperiksa. Perhatikan seksama kondisi langit-langit, talang air hujan, dinding, dan saluran air di rumah. Ingat, langit-langit yang rapuh bisa saja rubuh karena hujan deras. Begitu pula jika saluran air tersumbat, banjir pun siap mampir ke rumah kamu.

3. Simpan surat-surat penting dan barang berharga di brankas dan letakkan di lantai atas rumah. Dengan begitu, surat-surat berharga kamu tidak akan basah dan hanyut saat banjir.

4. Pindahkan furnitur dan peralatan listrik ke tempat yang lebih tinggi atau di lantai atas. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya korsleting yang bisa mengancam jiwa. 

5. Siapkan perlengkapan darurat banjir, termasuk makanan yang awet, peralatan darurat, pakaian, perlengkapan mandi, dan uang tunai. Jangan terlalu berharap saat kamu berada di tenda pengungsian. Jadi sebisa mungkin siapkan kebutuhanmu sendiri ya.

6. Lakukan relokasi anggota keluarga yang lebih tua dan hewan peliharaan ke lantai atas rumah dengan persediaan penting yang memadai. Orang tua harus menjadi prioritas karena kondisi fisik mereka yang lemah. 

SEBELUMNYA

Gokil Sih, Ed Sheeran Cetak Rekor Baru di Spotify Lewat Lagu Shape of You

BERIKUTNYA

The Silent Sea, Serial Baru Tentang Luar Angkasa Rilis di Netflix Sebentar Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: