Ilustrasi banjir (Sumber gambar: Pok Rie/Pexels)

Siaga Banjir, Ini 8 Barang yang Wajib Diamankan & Dibawa dalam Tas

04 October 2022   |   20:11 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki akhir tahun, musim hujan mulai mulai tiba. Meski lebih cepat dari perkiraan seharusnya, tak bisa dipungkiri jika cuaca pada saat ini sudah tidak dapat diprediksi. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, seperti pemanasan global, hingga pemanasan suhu muka laut atau dikenal sebagai El; Nino.

Hujan yang terjadi dengan curah besar memungkinkan terjadinya banjir. Karena hujan tidak dapat terprediksi, ada baiknya jika Genhype mempersiapkan berbagai keperluan mulai dari barang yang wajib diamankan dan barang yang harus dibawa serta dipersiapkan dalam tas darurat. Yuk simak!

Baca juga: Selain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan yang Wajib Kalian Lakukan Saat Musim Hujan
 

1. Dokumen berharga

Ilustrasi ijazah (Sumber gambar: Ekrulila/Pexels)

Ilustrasi ijazah (Sumber gambar: Ekrulila/Pexels)

Dokumen berharga masuk dalam daftar nomor satu dalam list barang yang wajib diamankan. Masukkan dokumen dan surat berharga seperti akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, hingga sertifikat rumah ke dalam wadah plastik yang tertutup rapat agar tidak mudah basah.
 

2. Pakaian

Ilustrasi pakaian wol (Sumber gambar: Dom J/Pexels)

Ilustrasi pakaian wol (Sumber gambar: Dom J/Pexels)

Setidaknya sediakan 3-4 pasang pakaian untuk berjaga jika banjir tak kunjung surut dalam beberapa hari. Bawalah satu pakaian berbahan wol atau jaket yang bisa membantu menghangatkan tubuh jika banjir terjadi, sisanya masukkan pakaian dengan bahan katun yang nyaman.
 

3. Kantung Plastik

Kantung plastik memiliki fungsi untuk menyimpan semua barang berharga yang tidak boleh basah. Karena sifatnya yang anti air,  kantung plastik bisa jadi penyelamat benda berharga yang kamu punya. Pastikan kamu menyiapkan kantung plastik dalam berbagai ukuran ya!
 

4. Powerbank

Era seperti sekarang memang tidak lepas dari kebutuhan komunikasi. Untuk itu, bawalah powerbank yang sudah terisi daya penuh untuk berjaga jika daya baterai smartphone kamu habis. Belum lagi, biasanya saluran listrik di area yang banjir akan dimatikan sehingga kamu tidak bisa mengisi daya baterai secara langsung.
 

5. Senter

Ilustrasi senter (Sumber gambar: Steve Johnson/Pexels)

Ilustrasi senter (Sumber gambar: Steve Johnson/Pexels)

Masih berhubungan dengan pemutusan saluran listrik saat banjir, saat kondisi air belum surut di malam hari maka kamu memerlukan penerangan untuk memantau kondisi. Jangan lupa siapkan senter dengan cahaya yang cukup di dalam tas siaga bencana.


6. Gadget

Selain smartphone, jika kamu memiliki perangkat gadget lainnya seperti laptop atau tablet, segera bungkus dengan plastik dan masukkan ke dalam tas. Karena sekarang sudah memasuki era digital, tak jarang dokumen berharga juga banyak yang termuat di dalam gadget sehingga penting untuk menyelamatkannya.
 

7. Air Mineral


Jangan remehkan pentingnya untuk membawa air mineral di dalam tas milikmu. Selain menjaga diri dari kemungkinan dehidrasi, membawa air mineral juga penting jika sewaktu-waktu terjadi kesulitan mendapatkan air bersih. Bawalah sekitar 2 liter air mineral dalam botol.
 

8. Hand Sanitizer

Ilustrasi hand sanitizer (Sumber gambar: Cotton Bro/Pexels)

Ilustrasi hand sanitizer (Sumber gambar: Cotton Bro/Pexels)

Genhype, kamu tentu tahu jika air yang menggenang saat banjir tidaklah higenis. Meski dunia sudah memasuki pasca  pandemi, tetap bawa hand sanitizer untuk keperluan sanitasi terutama di area banjir.

Itulah berbagai jenis barang yang wajib dibawa dan diamankan saat terjadi siaga banjir. Tetap berhati-hati ya Genhype!

???????Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gerakkan Desainer Lokal dengan Inspirasi Tren Global, IN2MOTION FEST Siap Digelar 5 Oktober 2022

BERIKUTNYA

5 Makanan Nutrisi Tinggi Bantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: