Ilustrasi (dok. Pexels)

Bunda, Ini Aturan Pakai Parasetamol untuk Anak setelah Vaksin Covid-19

18 December 2021   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda, buat si Kecil yang baru saja divaksin Covid-19, jangan serta merta memberikan parasetamol ya. Kecuali, jika anak mengalami demam. Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Hartono Gunardi mengatakan apabila pemberian parasetamol sebelum timbulnya gejala demam, dikhawatirkan akan memengaruhi efektivitas vaksin

"Kenapa? Karena akan menganggu proses pembentukan antibodi terhadap vaksin Covid tersebut. Sehingga zat kekebalannya akan lebih rendah," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (17/12/2021).

Sejauh ini kata Hartono, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang terpantau cenderung ringan, yakni bersifat lokal dan sistemik.

Lokal berupa nyeri pada tempat suntikan, kemerahan, dan bengkak. "Sistemik seperti lemas, mengantuk, suhu tubuh hangat, atau demam,” jelasnya.

Namun demikian pasca penyuntikan vaksin, anak-anak tetap akan dipantau 15-30 menit untuk melihat kemungkinan munculnya reaksi alergi berat. 

Mengenai dosis vaksin, Hartono menyebut vaksin diberikan sebanyak 0,5 mililiter melalui metode intramuskular. 

"Dosisnya 0,5 mili sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua yaitu 4 minggu,” tambah Hartono.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 4 Fakta Sejarah & Budaya Kuliner Gorontalo

BERIKUTNYA

Bunda, Perhatikan Kondisi Medis Anak 5-11 Tahun sebelum Divaksin Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: