Ilustrasi (dok. Pexels)

Jangan Ketinggalan Ya Bunda, Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai

13 December 2021   |   22:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dimulai besok loh yang bakal dilaksanakan di 115 kabupaten kota. Jadi, bunda harus segera bersiap memvaksin si kecil agar memiliki kekebalan tubuh yang baik dalam melawan virus Covid-19 yang hingga kini masih bermutasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi anak tersebut dalam konferensi pers virtual bersama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Budi menerangkan bahwa vaksinasi untuk anak tersebut akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo. "Vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan mulai besok dan insyaallah akan diresmikan oleh Bapak Presiden sendiri," ujarnya, Senin (13/12/2021).

Adapun vaksinasi yang akan diberikan untuk kelompok usia ini adalah vaksin Sinovac sesuai rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Untuk pemberiannya sesuai dengan dosis kelompok usia lainnya. "Selisih waktunya 1 bulan atau 4 minggu. Dosisnya sama," sebut Budi. 

Kendati demikian, dia menerangkan bahwa kriteria kabupaten/kota yang boleh memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun yakni sudah mencapai 60%  vaksinasi dosis pertama dan 60% vaksinasi lansia.

"Ada 115 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang memenuhi kriteria. Kita alokasikan vaksinasi sinovac untuk besok," sebut Budi.

Sementara itu, dia menyampaikan bahwa stok vaksin yang ada di Tanah Air saat ini mencapai 348 juta dosis. 

"Kalau tadi baru disuntikkan 250 juta, kita stok vaksinnya tinggi sekali hampir 100 juta dosis. Biasanya stok vaksin kita hanya 50 juta dosis," jelasnya.

Stok tersebut terdiri dari vaksin AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer. Budi meminta agar masyarakat tidak takut untuk menerima vaksin tersebut karena terbukti aman dan memiliki efikasi yang cukup melawan Covid-19.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Buat 3 Dampak Luar Biasa Ini dengan Gaya Hidup Thrifting

BERIKUTNYA

Pilihan Menu Mentai yang Gurih dan Creamy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: